Pesona Wisata di Ternate

Pesona pulau-pulau di Indonesia Timur memang tidak ada habisnya. Bahkan sebuah pulau kecil memiliki potensi wisata yang besar. Salah satu pulau tersebut adalah Pulau Ternate. Sebagai salah satu pulau kecil yang termasuk dalam Provinsi Maluku Utara tepatnya di lereng Gunung Api Gamalama, Ternate menyimpan beragam wisata yang siap dikunjungi, dari mulai objek wisata di pusat kota, wisata alam, pantai bahkan spot diving di Ternate menjanjikan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi anda.

Justru karena pulaunya kecil, kamu bisa mengunjungi beragam lokasi wisata yang berada di Ternate dengan mudah dan cepat. Kemudian masalah penginapan juga pastinya lebih mudah karena dari pusat kota ke lokasi-lokasi wisata alam juga tidak terlalu jauh.  Nah berikut ini adalah beberapa spot wisata yang bisa anda kunjungi di Ternate.

Wisata Situs Bersejarah

Di Ternate terdapat tiga situs wisata yang bersejarah dan patut anda kunjungi. Yang pertama dan terkenal diantaranya adalah Masjid Sultan Ternate. Masjid saksi persebaran islam di kawasan Maluku ini masih berdiri dengan kokoh. Artistektur bangunan juga masih asli sejak pertama dibangun. Masjid ini menjadi salah satu ikon di kota Ternate. Lokasinya berada di Kelurahan Soa Sio di Jalan Sultan Khairun.

Situs bersejarah yang kedua di Ternate adalah saksi sejarah jaman penjajahan Portugis di Indonesia yaitu benteng Tolukko. Benteng yang dibangun sejak jaman Portugis ini masih berdiri dengan kokoh. Kawasan di sekitar benteng disulap menjadi taman-taman cantik sehingga lokasi benteng ini menjadi lebih nyaman untuk wisatawan. Selain itu posisi benteng ini benar-benar strategis yaitu berada di belakang Gunung Gamalama dan menghadap persis ke arah pulau Tidore. Alhasil lokasi ini merupakan lokasi strategis untuk mengabadikan momen liburan anda di Ternate. Selain benteng ini terdapat beberapa benteng lain yang berada di Ternate yaitu Benteng Oranje bekas VOS, benteng Kalamata bekas Portugis, dan benteng Kota Janji pada zaman kesultanan.

Situs bersejarah yang terakhir adalah Keraton Kesultanan Ternate. Situs ini sama seperti Masjid  Sultan Ternate merupakan saksi perkembangan islam di pertama di Ternate. Bangunannya masih terjaga dan kokoh dengan arsitektur khas. Selain itu di dalamnya juga terdapat beragam benda-benda peninggalan Sultan Ternate.

Wisata Alam nan Indah

Selain situs bersejarah, Ternate memiliki spot-spot wisata alam yang harus anda kunjungi juga. Lokasi pertama adalah Panta Sulamadaha. Pantai Ini merupakan lokasi wisata andalah kota Ternate. Lokasinya yang strategis menjadi daya tarik utama beserta keindahan pantai dan lautnya. Pantai ini berdekatan dengan pulau Hiri, sebuah pulau kecil yang berada di dekat pulau Ternate. Kemudian di sebelah barat pantai ini terdapat sebuah teluk yang bernama teluk Saomadaha dimana bentuknya seperti piramid dengan pasir putih di sisinya. Spot diving di Ternate dan spot snorkeling banyak terdapat di kawasan pantai Sulamadaha. Di sini juga terdapat beberapa perahu yang dapat disewa para wisatawan untuk menikmati keindahan laut. Laut di kawasan pantai ini sangat jernih dan tidak terlalu dalam. Oleh karena itu dari atas kapal kamu melihat kondisi dasar laut dengan ikan-ikan dan terumbu karang yang cantik tanpa harus menyelam.

Jika kamu ingin mencari pantai yang masih perawan, pantai Kasatela bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai yang terletak di dekat Benteng Kastela ini, belum terlalu terkenal di antara wisatawan. Bahkan di sini belum terlalu banyak fasilitas umum. Namun justru karena itu lokasinya masih asri dan lebih tenang karena tidak terlalu banyak pengunjung. Belum ada spot diving di Ternate di kawasan ini karena belum begitu banyak resort diving yang menyambangi wilayah ini. Namun untuk masalah keindahan pantai, Pantai Kastela memiliki pesona sendiri.

Selain pantai-pantai yang cantik, Ternate memiliki Danau yang harus kamu kunjungi. Danau yang pertama adalah danau Laguna. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Danau Ngade karena lokasinya berada di desa Ngade. Danau berjarak hanya 18 km dari kota Ternate dengan luas danau sekitar 8 hektar.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply