Rekomendasi Tempat Wisata Negri di Atas Awan, Tana Toraja

Tana Toraja sudah tidak asing di telinga masyarakat khususnya bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Wilayah yang dikenal mempunyai kepercayaan yang sangat kuat dengan tradisi yang kental dan tidak pudar hingga saat ini, ritual hingga aturan-aturan yang berlaku di Tana Toraja.

Hal inilah yang menjadikan Tana Toraja sebagai daya tarik pariwisata di Sulawesi Selatan. Beberapa keunikan yang mungkin hanya bisa ditemukan di Tana Toraja salah satunya adalah proses upacara pemakaman Rambu Solo dimana menjadi salah satu tradisi bagi masyarakat Tana Toraja untuk menghormati para leluhurnya. Bahkan untuk melakukan upacara Rambu Solo bisa menghabiskan dana ratusan juta hingga milyaran rupiah. Namun jangan salah, di Tana Toraja juga banyak tempat wisata eksotis yang wajib anda kunjungi.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang kami rekomendasikan untuk anda:

1. Kete Kesu

Kete Kesu
Sumber Foto:https://www.pegipegi.com/travel/mengenal-desa-kete-kesu-desa-perayaan-kematian-di-tana-toraja/

Kete Kesu merupakan desa wisata yang terdapat di Tana Toraja yang sering di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karna memiliki pemandangan yang sangat memanjakan mata. Seperti kompleks rumah adat masyarakat Tana Toraja atau yang sering disebut juga dengan Tongkongan.

Tongkonan merupakan tempat untuk menyimpan mayat sebelum mayat itu di kubur. Di Kete Kesu juga terdapat bukit yang konon kata masyarakat setempat terdapat benda-benda sejarah yang berusia ratusan tahun.

Selain itu juga terdapat goa- goa yang berukuran tidak terlalu besar yang digunakan untuk menyimpan mayat tanpa di kubur. Kete Kesu berada di 4km dari Rantepao dan menjadi tempat wisata yang patut dikunjungi jila anda sedang berkunjung di Tana Toraja.

2. Patung Yesus Buntu Burake

Patung Yesus Buntu Burake
Sumber Foto: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201027140209-269-563259/7-bukti-magisnya-tana-toraja

Ingat dengan patung Christ the Redeemer di Rio de Janeiro, yang berada di Brazil? Nah di Tana Toraja juga terdapat patung serupa. Patung ini berukuran 40 meter dengan berada di ketinggian 1.700 mdpl bahkan mengalahkan patung Yesus yang berada di Brazil. Di sini anda bisa melihat pemandangan kota Makale diatas ketinggian.

Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Untuk tiket masuk sendiri dipatok dengan harga Rp. 50.000. Harga yang sangat sesuai untuk dikeluarkan sebanding dengan apa yang nanti anda dapatkan saat berkunjung kesini.

3. Londa

negeri diatas awan
Sumber Foto: https://www.tribunnewswiki.com/2020/03/18/objek-wisata-lemo-dan-londa

Londa merupakan sebuah kompleks pemakaman yang berada di sebuah tebing batu besar, berada sekitar 7km dari Rantepao tepatnya di desa Sandan Uai, kecamatan Sanggalanggi, kabupaten Toraja Utara. Rasanya tidak sah jika anda berkunjung ke Tana Toraja namun tidak menyempatkan untuk berkunjung ke Londa.

Saat berkunjung ke Londa akan disambut dengan nuansa mistik karna banyak gua dengan lubang pada tebing yang dipahat untuk menyimpan peti yang berisikan mayan. Penyusunan peti mayat pun kuga tidak sembarangan karna harus sesuai dengan garis keluarga mayat itu sendiri. Disini juga terdapat patung-patung yang dipahat menyerupai mayat yang telah meninggal. Tarif yang dipatok adalah sekitar Rp. 10.000

4. Ollon

negeri diatas awan
Sumber Foto: https://www.idntimes.com/travel/destination/al-735/pesona-bukit-ollon-toraja-c1c2

Ollon merupakan hamparan bukit hijau yang luas dan dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang sangat cocok dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Disini anda bisa menginap dengan mendirikan tenda, menghabiskan malam dengan melihat bintang-bintang yang bertebaran di langit, barbequan sambil bersenda gurau menjadi pilihan yang pas. Di pagi hari anda bisa melihat matahari terbit dengan pemandangan bukit bukit hijau yang sangat memanjakan mata.

Tempat wisata ini berada di Bau, Bonggakaradeng, kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, tarif yang dipatok untuk mengunjungi Ollon adalah sekitar Rp. 20.000.

5. Kalimbuang Bori

Kalimbuang Bori
Sumber Foto: https://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?52836-The-Beautiful-Majestic-Stone-of-Kalimbuang-Bori-Sesean-South-Sulawesi&styleid=13

Tempat wisata Kalimbuang Bori merupakan situs purbakala yang berupa kuburan. Dikelilingi dengan batu-batu yang membuat tempat ini semakin menarik . Di Kalimbuang Bori juga sering dilakukan upacara khusus untuk kematian.

Batu-batu yang berdiri megah ini sering digunakan untuk mengikat hewan yang akan disembelih. Entah itu babi, sapi ataupun kerbau.

Nah, demikian beberapa rekomendasi tempat wisata yang patut anda kunjungi saat berada di Tana Toraja. Pastikan anda berkunjung di waktu tepat, jika beruntung, anda bisa melihat upacara Rambu Solo secara nyata dan itu akan memberikan pengalaman yang sangat berkesan.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply