Seberkas Sinar Surya menjelma dalam keindahan Goa Jomblang

Pesona Gunung Kidul memang tak ada matinya. Gunung kidul bak surga tersembunyi di Jogja yang menyajikan berbagai keindahan alam, bahkan kuliner. Salah satu keindahan terlihat jelas di dasar Goa Jomblang. Goa Jomblang memiliki keunikan tersendiri yang mampu meluluhkan hati wisatawan yang berkunjung.

Ada banyak kegiatan seru yang dapat anda lakukan saat sampai di Goa Jomblang. Nah, sebelum masuk ke pembahasan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan disana, dan seperti apa keindahannya, yukk kita simak dulu akses rute, fasilitas dan harga tiketnya.

Rute menuju Goa Jomblang

Untuk dapat sampai ke Goa Jomblang, kita dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan Bus jurusan Yogyakarta-Wonosari maupun kendaraan pribadi untuk sampai ke Jl. Raya Semanu. Perjalanan menuju Goa Jomblang dari Kota Yogyakarta selama 1,5 jm, dari Kota Yogyakarta menuju ke Jalan Wonosari mencapai daerah piyungan, dari piyungan lanjut menuju ke Patuk, Wonosari dan langsung menuju ke Semanu. Lalu arahkan kendaraan anda menuju Desa Pacarejo, melalui jalan makadam di sekitar ladang sekitar hingga bertemu resort, dan tandanya anda telah sampai pada tujuan anda di Goa Jomblang. 

Tiket ke Goa Jomblang

Soal tiket masuk, jika anda memiliki peralatan pribadi maka biaya masuk gratiss, hanya saja perlu meminta ijin kepada kepala dukuh yang ada disana. Jika akan menggunakan jasa operator dengan tarif per orang antara 450.000,- hingga 1.000.000,- rupiah per orang. Mahalnya biaya ini sebanding dengan keindahan dan pengalaman seru yang akan di dapat ketika mengunjungi gua ini. Sedangkan, biaya parkirnya sebesar 3.000,- rupiah untuk motor dan 5.000,- untuk mobil.

Fasilitas di objek wisata ini juga cukup memadai, di antaranya kamar mandi atau toilet, tempat parkir, resort, mushala, tempat penitipan barang di rumah Kepala Dukuh.

Jam Operasional Goa Jomblang

Jam operasional Goa Jomblang dari jam 08.00 hingga 14.00 WIB. Namun jika kalian ingin mendapatkan pemandangan yang luar biasa bisa datang jam 10.00 hingga 12.00 WIB, karena pada jam tersebut sinar matahari bisa masuk secara sempurna ke dalam Goa melalui lubang di atas Goa.

Goa Jomblang

Setiap penjelajah Goa Jomblang, kita wajib mengenakan coverall, sepatu boot, helm, headlamp dan SRT set yang terdiri dari seat harness, chest harness, ascender / croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang, serta cowstail pendek.

Goa Jomblang akibat permukaan tanah yang runtuh, Goa ini berbentuk vertikal. Uniknya runtuhan gua tidak membuat berbagai tanaman di atasnya hancur tetapi ikut tumbuh dibawahnya dan berkembang seperti biasanya. Hal itu menjadikan tanaman ini menjadi seperti hutan yang berada dalam gua, sehingga dikenal dan diberi nama Hutan Purba. 

Bagi kalian pecinta adrenalin, Goa Jomblanglah tempat yang cocok untuk kalian. Kalian dapat melihat keindahan Goa Jomblang dengan trekking dan menuruni tebing dengan tali. Karena Goa ini berbentuk Vertikal untuk mencapai dasar goa perlu memiliki keahlian dalam bermain tali. Medan Goa ini dikatakan menantang karena memiliki kedalam bervariasi 15 – 80 m. Jalur masuk Goa Jomblang pun dibagi menjadi jalur pemula kedalaman 15 m, Jalur C 40 m, Jalur B 60m, jalur A 80m. Tapi tenang, kalian tidak perlu khawatir karena nantinya akan diberikan pelatihan singkat soal bagaimana cara menuruni goa, dan ditemani oleh seorang pemandu yang menguasi medan. Sehingga, pengunjung bisa menikmati indahnya berbagai tumbuhan purba yang tumbuh subur di dasar dan di dinding gua. Jika anda ingin mencoba memacu adrenalin, anda dapat memilih  Paket tour jogja Goa Jomblang 2D1N

Selain itu, pengunjung bisa berpetualang menyusuri lorong yang menghubungkan Goa Jomblang dengan Goa Grubuk dengan berjalan kaki. Tersusun dari batu sepanjang sekitar 300 meter dan dihiasi stalaktit, stalagmite, serta kristal, gua ini pun memukau para wisatawan. Lantaran berada di deretan objek wisata di Guung Kidul, Goa Jomblang mudah ditemukan. Namun, pengunjung diharap berhati-hari karena jalannya berkelok-kelok dan naik turun. Lokasi tepatnya ialah di Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Belum ada biaya tiket untuk masuk ke Goa Jomblang. Perjalan tour anda pastinya akan lebih berkesan.

Jika ingin mengunjungi Goa Jomblang atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.

Jika Anda menginginkan beberapa paket tour jogja bisa dipilih di tautan sebagai berikut:

  1. Paket Tour Jogja 3H2M Pantai Timang Murah
  2. Paket Tour Jogja 3H2M promo
  3. Paket Tour Jogja 3h2m Super Murah (Rafting Sungai Elo)
  4. Paket Tour Jogja 4H3M Murah (Pantai Timang dan Wedi Ombo)

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply