Spot Wisata Andalan Taman Nasional Komodo
image of 1140x530

Taman Nasional Komodo menyimpan banyak spot wisata andalan bagi para wisatawan yang berkunjung. Ada beberapa spot wisata andalan Taman Nasional Komodo dengam total luas area mencapai 1.817 km persegi.

Keindahan Taman Nasional Komodo telah sangat terkenal baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Taman Nasional Komodo sendiri merupakan kumpulan banyak pulau namun 3 pulau utamanya adalah Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca. Dengan gugusan banyak pulau membuat Taman Nasional Komodo menjadi tujuan berlibur yang cukup menarik.

 

Spot Wajib di Taman Nasional Komodo

Terdapat sejumlah spot yang menjadi wisata andalan Taman Nasional Komodo dan wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Berikut ini ulasannya:

  • Loh Buaya

Loh Buaya adalah pusat persebaran komodo di Pulau Rinca. Anda dapat bertolak dari Labuan Bajo dengan menaiki kapal dengan lama perjalanan berkisar 2 jam tergantung kondisi air laut. Anda harus ditemani seorang pemandu wisata selama berkeliling di Pulau Loh Buaya. Selain komodo juga ada spot pantai dan bukit untuk bersantai para wisatawan.

  • Pantai Pink

Destinasi wisata andalan Taman Nasional Komodo berikutnya adalah Pantai Pink yang sudah cukup populer di kalangan para wisatawan lokal maupun  mancanegara. Pantai yang sangat unik ini berlokasi di Pulau Komodo.

Pantai ini memiliki keunikan yang cukup populer dimana pasir pantainya berwarna merah muda atau pink. Warna pink di pantai ini ternyata dikarenakan karangnya yang memiliki warna pink. Karang pink ini banyak tersebar di sekitar area pantai. Ombak yang menyapu karang membawa butiran – butiran kecil hingga ke bibir pantai. Butiran warna pink tersebut membaur dengan hamparan pasir pantai yang membuatnya terlihat berwarna pink.

  • Gili Laba

Di dunia maya saat ini banyak tersebar foto – foto para wisatawan dengan background pemandangan yang eksotis di Taman Nasional Komodo. Spot ini dapat ditemukan di Gili Laba. Gili Lama sendiri adalah sebuah bukit yang memiliki panorama alam laut sekaligus bukit nan menawan.

Gili Laba akan nampak berwarna kuning  saat rumput savanna mengering di musim kemarau. Jika telah memasuki musim penghujan, guyuran air hujan membuat Gili Laba hijau kembali.

 

  • Pulau Kelor

Untuk Anda yang senang dengan snorkeling Pulau Kelor menjadi tempat yang wajib untuk Anda kunjungi. Salah satu wisata andalan Taman Nasional Komodo ini terkenal kaya akan keanekaragaman sumber daya lautnya. Para wisatawan pun akan disuguhkan panorama bawah laut yang luar biasa dengan 260 jenis karang dan ribuan spesies ikan. Pulau Kelor pun mempunyai pesona alam yang tak kalah indah dibandingkan pulau – pulau lainnya.

  • Kampung Wisata Komodo

Pesona Pulau Komodo menjadi salah satu wisata andalan Taman Nasional Komodo. Para pengunjung yang datang akan disuguhi pesona alam yang sangat indah di pulau ini. Selain itu para wisatawan dapat mengetahui secara langsung aktivitas sehari – hari dari penduduk asli Pulau Komodo.

Desa Komodo yang merupakan daerah terluar dari Kabupaten Manggarai barat memiliki 1.700 orang penghuni. Banyak aktivitas yang dilakukan oleh warga asli Pulau Komodo misalnya seperti membuat kerajinan patung komodo. Kerajinan patung komodo menjadi salah satu oleh – oleh khas wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo. Hal yang paling unik dari penduduk asli Pulau Komodo adalah konon mereka memiliki kemampuan untuk bercengkerama bersama dengan hewan purba Komodo. Keunikan ini bisa menjadi salah satu cerita menarik bagi para wisatawan selepas pergi berlibur ke Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Komodo merupakan salah satu hewan purba yang diyakini sebagai sisa – sisa peninggalan jaman pra-sejarah. Habitat hewan purba ini hanya ada di Taman Nasional Komodo. Oleh karena itu komodo mampu menjadi magnet untuk menarik wisatawan local maupun mancanegara berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Hewan ini sangat dilindungi oleh pemerintah dan dilarang keras untuk diburu dengan alasan apapun. Sayang sekali bukan sebagai orang Indonesia jika belum pernah berkunjung ke Pulau Komodo.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply