Taman Sungai Mudal, Kolam Surga Tersembunyi Di Pelosok Kulon Progo

Mengobati rasa rindu sobat campa karena tidak dapat memuaskan hasrat mengunjungi destinasi-destinasi wisata menarik akibat pandemi COVID-19, ada loh rekomendasi wisata yang dapat kamu kunjungi setelah Pandemi Corona berakhir. Kulon progo, Yogyakarta, menjadi surganya destinasi wisata air yang sangat menakjubkan. Salah satu yang terbaik di antaranya adalah Ekowisata Taman Sungai Mudal.

Taman Sungai Mudal berlokasi di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta. Dengan waktu tempuh sekitar 90 menit dengan kecepatan normal (40-60 km/jam). Cukup jauh memang, namun sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan hamparan sawah yang sangat indah dan pepohonan rindang yang menyegarkan. Dijamin kamu tidak akan bosan dan sangat menikmati suasana perjalanan yang sejuk dan memanjakan mata.

Hamparan Perkebunan Tebu yang Fotogenic ditengah Perjalanan

Disarankan kamu dan rombongan menggunakan jenis kendaraan sepeda motor dalam kondisi prima. Beberapa rute menanjak cukup tajam. Ada pula bagian jalan yang masih agak terjal setelah hampir memasuki lokasi. Di tengah perlananan, kamu akan menemui lokasi yang sangat fotogenic yaitu hamparan perkebunan tebu. Akan lebih mudah untuk singgah apabila kamu menggunakan jenis kendaraan sepeda motor. Kamu dapat mengabadikan beberapa foto menarik.

Kolam Air Berwarna Aquamarine Atau Tosca

Sesampainya di sana kamu akan disambut oleh daya tarik kolam air dari mata air irigasi yang berwarna hijau kebiru-biruan atau tosca. Warna air dapat menjadi hijau hingga biru tosca tergantung debit air. Karena itu sangat penting bagi kamu untuk memperkirakan waktu yang tepat untuk ke sana. Nah, waktu terbaik untuk menikmati wisata Taman Sungai Mudal adalah ketika musim penghujan tiba. Di mana debit air akan meningkat namun tidak membuat air menjadi keruh justru semakin memperkuat warna alami biru tosca air tersebut.

Ekowisata yang Murah Meriah Fasilitas Semi Private yang Menyenangkan

Tidak perlu khawatir untuk masalah budget, kamu hanya perlu merogoh kocek kurang dari 10.000. Seharga 6000 untuk biaya masuk dan 2000 untuk biaya parkir sepeda motor atau 5000 untuk biaya parkir mobil. Buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Kamu tidak perlu khawatir akan ramai, biasanya tidak terlalu banyak pengunjung, apalagi jika selain akhir pekan, melainkan hari kerja produktif. Saat sedang sepi pengunjung, kamu dapat menikmati liburan layaknya sedang berlibur di aset pribadi.

Kamu juga tidak perlu khawatir jika tidak dapat berenang atau sekedar ingin berendam. Di sana menyediakan ban karet yang dalam beberapa ukuran yang dapat kamu sewa seharga 10.000 saja. Jika kamu ingin melepas dahaga atau bahkan lapar, tersedia juga camilan, gorengan, makanan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan, jika kamu tidak membawa pakaian ganti, kamu juga dapat membeli celana santai yang bisa kamu gunakan untuk berenang. Setelah selesai berenang, nikmatilah kamar mandi dengan air yang sangat segar dan melimpah. Kamu cukup membayar 2000 rupiah per-orang.

Suasana Alam yang Sejuk dan Menenangkan

Lokasi terbaik untuk kamu yang hendak melepas penat adalah puncak teratas di taman sungai mudal. Untuk mencapai puncak, kamu perlu mempersiapkan tenaga yang cukup guna menaiki tangga buatan yang cukup panjang dan tinggi. Tapi, tenang saja, sesampainya di puncak, kamu tidak akan dibuat kecewa karena udara dan air di tingkat paling atas lebih sejuk dan menyegarkan. Kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan dari ketinggian. Dijamin tingkat stress kamu akan berkurang bahkan hilang. Sangat cocok untuk kamu yang sekedar ingin menghilangkan stress atau sedang merasa buntu karena kehabisan ide dan butuh inspirasi baru untuk pekerjaan kamu.

Ekowisata taman sungai mudal ini sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan ketenangan, jauh dari keramaian dan dekat dengan alam.

Jadi, sudah siapkan daftar destinasi wisata untuk menebus kerinduan traveling selama new normal, belum?

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply