Tips Trekking Pemula yang Harus Diterapkan

campatour.com– Apakah Anda mulai tertarik dengan trekking atau pendakian? Jika benar, terlebih dahulu harus mengetahui tips trekking yang benar. Tujuannya agar kegiatan trekking bisa lebih menyenangkan dan tentunya aman, karena berhubungan langsung dengan alam.

6 Tips Trekking untuk Pemula

Bagi Anda yang tertarik untuk trekking, tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu agar nantinya kegiatan trekking lebih aman. Selain itu, pastikan juga untuk menerapkan beberapa tips penting berikut ini.

  1. Cari Informasi Mengenai Tempat Trekkingtips trekking

Tips pertama yang harus diterapkan sebelum melakukan trekking yaitu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat tersebut. Tujuannya agar nantinya bisa lebih paham apa saja yang harus disiapkan dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi.

Ada beberapa hal yang harus dicari informasinya mengenai tempat trekking misalnya jalur pendakian, medan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk mencari informasi seperti ini bisa memanfaatkan internet atau dari orang-orang yang pernah mengunjungi tempat tersebut.

  1. Buat Rencana Perjalananrencana perjalanan

Bagi pendaki pemula sudah seharusnya membuat rencana perjalanan sedetail mungkin. Misalnya saja mulai menentukan kapan harus berangkat, kapan harus istirahat dan target untuk mencapai lokasi tertentu.

Adapun tujuan dari menerapkan tips ini agar nantinya perjalanan menjadi lebih efisien. Terlebih lagi jika Anda dituntut untuk membagi waktu dengan kesibukan lainnya, maka harus memaksimalkan waktu yang ada.

  1. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Trekking sudah pasti di alam terbuka sehingga banyak hal-hal yang mungkin bisa terjadi. Maka dari itu sebelum memulai trekking harus menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Misalnya saja seperti makanan, minuman, peralatan memasak dan lainnya.

Cara terbaik untuk mempersiapkan perlengkapan tersebut bisa membuat catatan atau daftar khusus. Namun, pastikan sebelum membawa peralatan tersebut mengecat kondisinya satu persatu untuk memastikan kualitasnya apakah bisa digunakan atau tidak.

  1. Persiapan Fisik

Fisik menjadi hal yang paling penting untuk melakukan trekking. Terlebih lagi bagi Anda yang pemula harus mempersiapkan fisik sebaik mungkin. Salah satu tips trekking untuk mempersiapkannya yaitu melatih fisik dengan olahraga kecil seperti jalan-jalan atau jogging.

Pastikan lakukan jogging secara rutin setiap harinya tujuannya agar tubuh tetap fit dan stamina tetap terjaga. Pentingnya melakukan persiapan fisik ini agar nantinya saat trekking, fisik tidak terlalu kaget dan lebih siap untuk menghadapi kondisi apapun di lokasi trekking.

  1. Pastikan Trekking dengan Teman atau Guide Berpengalaman

Tips selanjutnya agar aktivitas trekking lebih aman pastikan mengajak teman atau orang yang sudah berpengalaman. Tujuannya agar nantinya saat terjadi hal-hal tidak diinginkan, orang yang sudah berpengalaman pasti sudah paham apa yang harus dilakukan.

Selain itu, teman yang berpengalaman pastinya sudah tahu seluk beluk dari lokasi trekking, sehingga nantinya perjalanan akan lebih mudah. Sekalipun tidak mempunyai teman berpengalaman seperti ini, Tidak ada salahnya juga untuk menyewa jasa pemandu trekking.

  1. Menggunakan Pakaian yang Tepat

Trekking atau mendaki gunung pastinya akan melalui medan mulai pagi hingga malam hari. Maka dari itu, sudah seharusnya membawa pakaian yang tepat dan hangat. Mulai dari jaket, baju, celana, kaos kaki dan lainnya.

Selain itu, penting juga untuk membawa baju ganti untuk kondisi tidak terduga seperti hujan. Tips ini penting sekali untuk diterapkan agar tubuh selalu dalam keadaan hangat dan terhindar dari resiko hipotermia karena udara yang dingin.

  1. Tetap Menjaga Kesehatan

Melakukan trekking terlebih lagi untuk perjalanan dan yang jauh hingga berhari-hari penting untuk tetap menjaga kesehatan. Maka dari itu jika tubuh kurang sehat sebaiknya menunda kegiatan tersebut, karena resikonya besar.

Simak Juga : 6 Rekomendasi Restoran di Sentul dengan Pemandangan yang Indah

Begitu juga sebaliknya jika tubuh dalam keadaan sehat, maka akan lebih bertenaga dan bisa melalui medan trekking dengan mudah. Jika perlu sebaiknya membawa obat-obatan pribadi. Bahkan, diharuskan untuk membawa obat umum seperti sakit kepala, obat merah dan keperluan lainnya.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai beberapa tips trekking yang harus diterapkan untuk pemula. Jadi, bagi pemula jangan meremehkan beberapa tips tersebut karena penting dan berhubungan dengan Keamanan saat melakukan trekking. ingin perjalanan sobat lebih praktis dan aman yuk gabung bareng kita sudah banyak loh alumni trekking mulai dari perusahaan nasional dan multinasional simak di paket trekking sentul

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply