Tips Wisata Keluarga di Belitung
Tips wisata keluarga di belitung
tour pulau belitung

Tips wisata keluarga di belitung


Belitung yang terkenal sebagai negeri laskar pelangi mulai dilirik para wisatawan. Tak kalah dari kepulauan di Indonesia Timur, Belitung memiliki panorama alam yang menawan. Oleh karena itu kini Belitung menjadi salah satu destinasi wisata bagi keluarga. Jika anda berencana mengunjungi Belitung bersama keluarga, berikut ini beberapa tips wisata keluarga di Belitung.


  • Cara Menuju Belitung

Penerbangan dari Sumatra kebanyakan langsung menuju Belitung. Khusus untuk keberangkatan dari Jawa, semua penerbangan menuju ke Belitung akan transit terlebih dahulu di Jakarta. Oleh karena itu jika anda berada di Jakarta, anda bisa langsung terbang ke Belitung. Beberapa Maskapai penerbangan yang melayani Jakarta Belitung adalah Sriwijaya dan Garuda Indonesia. Untuk perjalanan pulang pergi anda hanya membutuhkan sekitar Rp 800.000.

  • Waktu Terbaik Mengunjungi Belitung

Tips wisata keluarga di Belitung selanjutnya adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Belitung bersama keluarga terutama menyesuaikan saat tepat dengan liburan sekolah anak.

Pada saat musim kemarau yaitu bulan April — Oktober, cuacanya cerah sehingga anda akan lebih mudah mengunjungi setiap pulau yang ada. Akan tetapi selama musim kemarau kondisinya sangat berangin. Oleh karena itu bersiap-siap dengan membawa obat-obatan pencegah masuk angin serta mabuk laut.

Sedangkan pada musim hujan yaitu pada bulan November – Maret, kondisinya tidak terlalu berangin. Akan tetapi selalu siap sedia membawa payung dan baju ganti karena hujan sewaktu-waktu dapat mengguyur saat anda sedang mengunjungi objek wisata. Selain itu selalu siap lotion anti nyamuk karena pastinya banyak nyamuk saat malam hari.

  • Transportasi dari Bandara ke Kota

Pada saat di bandara, hanya terdapat dua macam transportasi yang bisa anda pilih yaitu taksi bandara dan Street Taxi Belitung.  Taxi bandara menggunakan tarif normal layaknya pada taksi pada umumnya yaitu menggunakan argo. Oleh karena itu tarifnya relatif lebih mahal.

Tips wisata keluarga di Belitung, jika anda ingin transport lebih terjangkau anda bisa memilih Street Taxi Belitung. Taxi ini hanya bisa diperoleh dengan memesannya terlebih dahulu. Tarifnya lebih murah yaitu sekitar Rp 75.000 – Rp 80.000 dari Bandara ke Kota, terbilang lebih terangkau daripada taksi bandara. Street Taxi Belitung memiliki management sendiri oleh karena itu lebih mudah untuk dipesan. Hindari memesan taksi dari hotel karena biasanya ada biaya tambahan. Street Taxi juga bisa anda gunakan untuk mengantar anda bersama keluarga untuk mengunjungi objek wisata di Belitung.

  • Destinasi Wisata

Belitung memiliki beragam destinasi wisata. Yang pertama bukanlah pantai, melainkan kolam alami yang berada di tengah alam. Objek wisata ini bernama Infinity Pool yang berada di tengah Gunung Kubing. Lokasi kolam renang alami ini berada di desa Perpat di Kecamatan Membaling. Kolam renang ini terletak di ketinggian 300 m di atas permukaan laut. Dari sisi kolam anda bisa melihat bukit di sekitaran Gunung Kubing. Kolam renang ini terdapat di hulu aliran air yang berada diantara bebatuan. Terdapat wilayah yang cekung bisa anda gunakan untuk berendam. Di bagian atas anda dapat melihat bebatuan alami yang dialiri oleh air yang sejuk dan jernih. Akan tetapi akses menuju lokasi ini kurang begitu bagus. Akan tetapi masih bisa dilewati dengan kendaraan roda dua.

Tips wisata keluarga di Belitung berikutnya adalah lokasi wisata di Pulau Leebong. Pulau yang disebut-sebut memiliki keindahan bagaikan Maldives ini harus anda kunjungi bersama di keluarga. Jarak pulau ini dari pesisir Belitung hanya sekitar 3 km saja. Di pulau ini anda tidak akan menemui batuan atau karang, namun justru hanya terdapat hutan bakau, pasir putih serta pepohonan rimbun. Yang unik dari pulau ini adalah anda bisa menyusuri dari tengah laut hingga ke dalam pulau dengan aman dan nyaman. Disini terdapat jembatan kayu panjang dari mulai dermaga di tengah laut hingga ke dalam pulau yang membelah hutan bakau. Sangat cocok untuk keluarga dan anak-anak mengenalkan hutan bakau. Di sini juga terdapat burung-burung cantik karena memang merupakan habitat aslinya.

Untuk menuju ke Pulau Leboong anda harus ke pelabuhan Tanjung Ru. Pelabuhan ini berjarak sekitar 32 km dari Tanjung Pandan. Dari pelabuhan ini anda bisa menyewa perahu motor untuk menyeberang. Setelah 20 menit anda akan sampai di pulau cantik ini. Pastikan menghubungi pengelola pulau sebelum berkunjung.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply