Misteri Villa Putih Kaliurang Peninggalan Belanda
villa-putih-kaliurang

Di Yogyakarta terdapat tempat yang memiliki banyak beraneka ragam cerita mistis,salah satu nya tempat yang di maksud adalah wisata vila putih kaliurang. Ketika berkunjung ke wisata kaliurang tepatnya di lereng Gunung Merapi, di samping wisata kaliurang GoaJepang kalian akan melihat Vila Putih yang besar dan tak terurus, vila itu adalah tempat yang pernah di huni oleh orang belanda untuk tempat peristirahatan.

Namun setelah Belanda pergi dari indonesia ,Vila ini di urus oleh kraton Yogyakarta dan di gunakan sebagai balai pertemuan. Sejak 27 tahun lalu bangunan ini tidak terpakai lagi saat erupsi merapi tahun 1994,yang menyebabkan kerusakan pada vila ini, sehingga awan panas atau wedhus gembel juga memberi dampaknya ke pesanggrahan ini.

Wisata Mistik, Vila Putih Kaliurang merupakan tempat yang terkenal dengan cerita mistisnya. Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa di Kaliurang sebenarnya cantik, sayang masyarakat disekitarnya sudah terlanjur mempercayai cerita mitos yang penuh dengan halusinasi Horor hingga akhirnya tempat ini menjadi obyek wisata mistik, dan menyebabkan Vila ini tidak terurus.

Bangunan ini bahkan menjadi salah satu bangunan angker yg diberi julukan “Urban legend” dari beberapa bangunan tua yg ada di Jogyakarta saat ini. Jika kita memasuki area ini suasana angker mulai terasa apalagi saat pagi hari, ataukah saat sore menjelang maghrib yg disertai kabut tebal. Banyak kisah seram yg tertinggal di tempat ini terutama bagi alumni UGM pada masa itu. Jarak tempuh ke tempat ini kurang lebih 1 jam menuju arah Hargobinangun, Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Sekitar tahun 1953, vilaa ini merupakan pemilik dari seorang guru besar UGM, Profesor Soedomo. Dan sekarang berpindah kepemilikan mendaji milik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Tempatnya cukup nyaman dengan di kelilingin pohon pinus yang menjulang tinggi namun terlihat horror ketika di lihat pada saat menjelang magrib dan turunya kabut yang tebal.

Belakangan ini, villa ini menjadi sorotan publik di media sosial. Bahkan villa ini menjadi daya tarik instagenic karena bagunan yang unik dengan arsitektur eropa yang eksotis dan juga banyaknya pohon-pohon pinus yang berada di sekeliling villa ini. Memang di satu sisi villa ini memang benar-benar menyeramkan.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply