Mengenal Wisata Budaya di Pulau Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur

 

Pulau Sabu Raijua adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kabupaten Sabu Raijua. Daerah ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Kupang. Pulau Sabu Raijua terdiri dari beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Raijua, Sabu Barat, Sabu Timur, Sabu Tengah, Hawu Mehara, dan Hawu Liae. Di sini terdapat banyak spot wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain memiliki banyak spot lokasi wisata alam, di Pulau Sabu Raijua juga memiliki spot lokasi wisata budaya dan sejarah. Lokasi ini tak kalah menarik untuk dikunjungi karena menyimpan kekayaan Tanah Air yang unik dan langka. Lokasi wisata budaya dan sejarah yang wajib dikunjungi adalah Istana Teni Hawu. Istana yang dibangun sejak masa kolonial Belanda ini berlokasi di Kota Seba. Jika menunjungi Istana ini, pastikan Anda menemukan meriam peninggalan leluhur sejak jaman perang.

Wisata budaya selanjutnya adalah Kampung Adat Kudji Ratu dan Kampung Nemata.  Kedua kampung ini merupakan kampung adat yang jika Anda ke sana diwajibkan mengenakan kain Tenun Sabu. Tenun Sabu ini terdiri dari sarung (Ei), selimut (Higi), dan selendang (Naleda). Tenun Sabu yang memiliki motif flora dan fauna ini wajib dikenakan untuk menghormati masyarakat setempat. Sangat disarankan untuk ditemani warga lokal yang paham tentang bahasa dan seluk beluk kedua kampung ini agar perjalanan tidak mengalami hambatan. Untuk mencapai kampung ini, wisatawan bisa menyewa motor sebagai alat transportasi.

Satu lagi budaya yang amat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Pulau Sabu Raijua, yaitu Taji Ayam. Tak seperti di beberapa wilayah di Indonesia jika Taji Ayam adalah kegiatan judi, di sini Taji Ayam merupakan kegiatan yang berarti sebuah simbol adat. Makna yang diambil dari kegiatan Taji Ayam adalah tidak boleh ada pertumpahan darah manusia di tanah Sabu dengan alasan konflik apapun. Darah yang keluar dari ayam yang berhasil dilumpuhkan menjadi pengingat hal tersebut. Kegiatan Taji Ayam dilakukan setiap tahun yang bisa ditemui di Sabu Barat dan Sabu Timur.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply