Wisata Karimunjawa Bersama Keluarga
pantai watu karung

Tips wisata Karimunjawa bersama Keluarga


Karimunjawa merupakan destinasi wisata alternatif bagi anda yang ingin mencari wisata pantai dan pulau yang cantik. Tanpa perlu jauh-jauh menuju Indonesia Timur, anda bisa merasakan pantai dan seafood yang segar di karimunjawa. Karena lokasinya yang relatif dekat dan transport yang mudah, Karimunjawa cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga, sehingga anda bisa mengajak anak-anak tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Berikut ini tips wisata keluarga di karimunjawa.


Transportasi Menuju Karimunjawa
Tips wisata karimunjawa bersama keluarga yang pertama adalah memilih transportasi. Secara administratif wisata karimunjawa berada dalam Kabupaten Jepara. Nah sebelum menuju Jepara ada beberapa pilihan transportasi. Jika anda naik pesawat berarti anda hanya bisa turun di Semarang. Dari semarang anda masih melanjutkan perjalanan darat menuju Jepara. Nah saran saya jika anda dari bandara, sebaiknya pilih travel yang dapat mengantarkan anda langsung ke Pelabuhan Kartini bersama keluarga. Kendaraan umum berupa bis aga susah anda dapatkan yang langsung menuju pelabuhan Kartini. Jika anda berasal dari Jakarta, anda akan lebih mudah sampai di Jepara karena dari terminal besar seperti Pulo Gadung terdapat beberapa bis malam yang melayani tujuan langsung ke Jepara salah satunya adalah bis Bjeu. Yang perlu anda ingat adalah pertama bahwa lokasi penyeberangan menuju karimunjawa berada di kawasan pantai kartini, tepatnya di pelabuhan Kartini. Akan tetapi penyeberangan hanya ada setiap pagi yaitu jam 7 pagi dan jam 9 pagi. Oleh karena itu sebisa mungkin anda sudah sampai
di pelabuhan kartini sebelum jam penyebarangan kapal. Kapal KMP Siginjai dan Feri Muria merupakan kapal penyebrangan pagi dengan tarif yang relatif murah yaitu Rp 30.000 hingga Rp 96.000 tergantung kelas ekonomi atau bisnis. Sedangkan pada jam 9 penyeberangan dilayani oleh kapal cepat KC Express Bahari dengan tarif Rp 150.000. Untuk kapal biasa penyeberangan membutuhkan waktu 4 jam, sedangkan kapal cepat hanya 2 jam.
Agen Wisata Solusi Perjalanan ke Karimunjawa

Menurut saya pribadi, akses transportasi umum menuju Jepara relatif sulit. Tidak ada bis besar yang melayani rute langsung ke pelabuhan. Adapun bis Semarang – Jepara hanya bis sedang, itupun anda barus berdesakan sehingga sangat tidak nyaman untuk digunakan liburan terutama bersama anak-anak. Bukan maksud promosi, akan tetapi agen wisata merupakan solusi terbaik jika anda ingin mengunjungi Karimunjawa. Dengan kemudahan penjemputan dan pengantaran sampai lokasi, anda tidak perlu repot mencari tumpangan menuju pelabuhan Kartini. Selain itu tarifnya juga pasti. Penyewaan kendaraan di Semarang relatif mahal dan aga sulit. Dengan agen wisata anda pasti tenang dan akan sampai tepat waktu.

Alternatif Penyebrangan
Tips wisata keluarga di karimunjawa, ada penyeberangan di alternatif yang berada di Semarang. Untuk penyeberangan kapal terdapat KMC Kartini yang hanya berangkat pada hari Kamis dan Sabtu. Sedangkan untuk pesawat, terdapat pesawat cesna dari Semarang – Karimunjawa yang hanya berangkat pada hari kamis dan jumat.
Nah sebelum anda berangkat, pastikan anda melihat kondisi cuaca di karimunajwa. Anda bisa melihatnya di website resmi BMKG. Jika sedang terjadi cuaca buruk, seringnya penyeberangan menuju karimunjawa akan dibatalkan. Pembatalan bisa sampai 2 hari atau lebih tergantung kondisi laut. Bulan yang tepat untuk mengunjungi karimunjawa adalah sekitar bulan April hingga Oktober.
Pada bulan-bulan ini kondisinya tenang dimana tidak terlalu banyak angin dan kondisi laut yang stabil. Oleh karena itu jarang sekati terjadi pembatalan penyeberangan kapal menuju karimunjawa. Tidak hanya itu, pada bulan Oktober biasanya terdapat festival Karimun Jawa Sail. Festival ini merupakan ajang pertemuan para kapal layar modern dengan peserta dari berbagai dunia. Alhasil karimunjawa akan lebih ramai pengunjung.

Wisata Karimunjawa bersama keluarga
Bagi anda yang liburan bersama dengan keluarga, anda bisa menyewa paket private tour untuk mengunjungi pulau-pulau di karimun jawa atau yang lebih dikenal sebagai Island Hopping. Paket wisata ini sudah termasuk  mengunjungi 4 pulau besar yang berada di Karimunjawa yaitu Menjangan Kecil, Cemara Kecil, Karang Tengah, dan Menjangan Besar. Setiap pulau anda dan keluarga akan diajak ke destinasi wisata yang ada pada setiap pulau.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply