Wisata Toraja Bersama Keluarga
image of 1140x530

Wisata Toraja Bersama Keluarga

Tips Mengunjungi Toraja Bersama Keluarga


Tana Toraja atau lebih sering disebut sebagai Toraja berada di Sulawesi Selatan di bagian utara. Keunikan budaya dan alam yang berada di Toraja sering disebut-sebut sebagai tandingan wisata di Bali. Banyaknya destinasi wisata di Toraja, menjadikannya destinasi yang sering dikunjungi yang berada di pulau Sulawesi. Berikut ini adalah beberapa Tips wisata keluarga di Toraja.


  • Transportasi Menuju Toraja

Kota Makasar merupakan kota besar terdekat dari Toraja. Bandara Hasanuddin merupakan pintu gerbang bagi para wisatawan baik domestik atau luar negeri yang akan mengunjungi Toraja. Dari Bandara Hasanuddin terdapat dua pilihan transportasi untuk menuju Toraja yaitu pesawat domestik atau Bus. Bandara Hasanuddin memiliki penerbangan domestik dari Makasar langsung ke Toraja. Tiket setiap orang adalah sekitar Rp 220.000. Jarak Makasar ke Toraja sepanjang 300 km akan dilalui dalam waktu 1 jam saja. Akan tetapi perlu diingat bahwa penerbangan ini tidak setiap hari ada. Pelayanan penerbangan domestik Makasar – Toraja hanya ada pada hari Selasa dan Jumat.
Alternatif kedua adalah transportasi menggunakan bus AC. Dari bandara anda masih harus pergi ke terminal bus Makasar. Di sini terdapat bus dengan trayek Makasar Toraja dengan tarif hanya Rp 80.000. Perjalanan yang  dibutuhkan sekitar 8 jam. Terdapat dua jam keberangkatan yaitu pagi dan malam. Berbeda dengan penerbangan  domestik, bus ini dapat ditemui setiap hari. Tips Wisata Keluarga di Toraja sebaiknya anda mempersiapkan keberangkatan ke Makasar dan Toraja dengan matang. Karena penerbangan Domestik Makasar Toraja tidak setiap  hari ada, pastikan anda datang paling tidak pagi sudah sampai di bandara Hasanuddin. Jika sudah musim liburan,  sebaiknya anda datang lebih awal satu hari sebelumnya mengingat wisatawan yang mengunjungi Toraja akan meningkat.

  • Objek Wisata di Toraja

Salah satu destinasi favorit di Toraja adalah upacara kematian yang unik. Akan tetapi tidak saya rekomendasikan  dalam tips wisata keluarga di Toraja mengingat anda membawa buah hati. Tapi ada objek wisata lain yang dapat dikunjungi. Yang pertama adalah kota Rantepao. Kota Rantepao adalah pusat kota Terbesar dan pusat informasi di  Toraja. Di sini anda bisa mengelilingi kota atau city tour mengunjungi sudut kota dan pasar tradisional. Kemudian  destinasi wisata kedua yang wajib anda kunjungi bersama keluarga adalah Rumah Tradisional Toraja. Lokasi rumah  adat khas Toraja ini berada di desa Ke'te Kesu. Lokasinya aga jauh dari kota Rantepao yang berjarak sekitar 5 kilometer. Rumah adat ini merupakan rumah adat asli. Akan tetapi dapat ditemukan pula rumah adat di Palawa  yang memang dibangun untuk tujuan pariwisata. Rumah ini merupakan rumah adat yang dapat anda temukan di  TMII.

Tips wisata keluarga di Toraja, anda sebaiknya menghindari mengunjungi Toraja pada bulan-bulan Juli dan  Oktober. Pada bulan ini biasanya diadakan upacara kematian. Toraja akan penuh sesak dengan wisatawan baik  domestik atau mancanegara untuk menyaksikan upacara ini. Dan juga upacara ini tidak terlalu cocok untuk anak-anak mengingat banyaknya hewan yang akan disembelih berupa kerbau dan babi. Dimana setiap kepala hewan yang  disembelih akan di pajang di lapangan secara berjajan.

  • Penginapan

Terdapat beragam hotel di Toraja, salah satu hotel yang terkena berada di kota Rantepao yatu hotel Pison. Hotel ini menawarkan kamar dengan fasilitas lengkap seperti balkon dan Wifi. Lokasinya juga strategis berada di perbukitan dan dikelilingi sawah-sawah. Sehingga pemandangan dari setiap kamar sangat indah. Terdapat pula restoran  sehingga memudahkan anda untuk mencari makan. Lokasinya berada di Jalan Pongtiku GII No 8, Ranteparo. Tarif  sewa kamar perhari berkisaran Rp 300.000. Untuk masalah makanan mungkin aga sedikit sulit bagi anda dan  keluarga yang ingin mencari makanan halal. Tidak semua rumah makan di Toraja menyediakan makanan halal.  Salah satu restoran yang menyediakan makanan halal di Toraja bernama Pong Buri. Restoran ini terkenal di  kalangan wisatawan yang ingin mencari makanan halal. Lokasinya berada persis di depan SMP 1 Rantepao. Beberapa makanan khas yang bisa anda cicipi adalah seperti pa’piong, dangkotayam, dan pammarasan.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply