7 Hal Menarik Pantai Jungwok, Memikat Hati

Pantai Jungwok, sudah pernahkah anda mendengar soal pantai ini? Meski masih banyak yang merasa asing dengan nama Jungwok, namun pantai ini mampu menghadirkan keindahan luar biasa, dan lagi-lagi surga tersembunyi di Gunung Kidul mampu membuat nyaman. Pantai Jungwok, dinamakan Jungwok karena memiliki garis pantai berupa cekungan, masih sangat alami dan indah, meski ukuran pantai lebih kecil dari beberapa pantai lainnya, namun pesonanya mampu menandingi deretan pantai di Gunungkidul lainnya. 

Rute menuju Pantai Jungwok

Rute untuk mencapai Pantai Jungwok bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil, dari Kota Yogyakarta maka melewati Jalan Bausasran lurus hingga ke SMA N 8 Yogyakarta – PLN Yogyakarta  mengikuti Jalan Nasional III dan Jalan Yaogyakarta – Wonosari – Jalan Kiyai Legi – Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wediombo baru bisa sampai ke Pantai Jungwok.

Sementara itu jika dari Bantul bisa melewati Jalan Imogiri Timur atau Playen Dlingo – Jalan Kiyai Legi – Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wediombo hingga sampai ke Pantai Jungwok. Jadi, rute ini terbilang lebih pendek dan cepat dibanding yang sebelumnya di atas.

Namun, Jika pengunjung ingin menggunakan transportasi umum, maka bisa dimulai dari terminal Giwangan kemudian menuju arah desa Jepitu dan dari sana pengunjung bisa naik ojek langsung menuju Pantai Jungwok. Hanya saja membutuhkan biaya yang lebih mahal karena untuk ongkos ojeknya saja sekitar Rp 40.000-Rp 50.000 per orang.

Namun ada satu hal yang perlu anda ketahui bahwa perjalanan menuju Pantai Jungwok untuk akses jalannya masih terbilang lumayan sulit, sehingga lebih disarankan untuk naik kendaraan pribadi roda dua (motor), karena umumnya akan sulit dilalui kendaraan roda empat, dimana akses jalannya masih cukup sempit. Setelah hujan jalannya pun terkadang lebih terjal dan licin, maka dari itu alangkah baiknya jika anda menggunakan motor non matic/trail. Jangan khawatir, perjalanan anda akan terbayarkan ketika telah sampai di Pantai Jungwok dan melihat keindahannya. 

Tiket masuk Pantai Jungwok

Harga tiket masuk menuju Pantai Jungwok sangatlah murah hanya Rp 5.000 per orang dan sudah termasuk untuk masuk ke Pantai Wediombo, karena memang lokasinya yang berdekatan. Sementara itu bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil. Fasilitas berupa kamar mandi/toilet, warung makan.

Sekarang, apakah kalian tahu ada beberapa hal menarik tentang Pantai Jungwok? Simak hal menariknya yaa, diantaranya 

1. Mempunyai Tiga Aliran Sungai Air Tawar

Ada tiga aliran sungai air tawar yang bermuara ke lautan Pantai Jungwok. Hal itu membuat seolah dapat membelah bibir pantai menjadi tiga bagian sekaligus. Selain itu juga menjadikan perpaduan air tawar dari sungai dengan air asin dari lautan. Pemandangan ini menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain menjadi spot foto dan berwisata, fenomena ini bisa menjadi objek penelitian bagi mahasiswa tentang ekosistem di air payau tersebut.

2. Bentuk Garis Pantai yang Melengkung

Pantai Jungwok mempunyai bentuk garis yang melengkung dan terlihat sangat eksotis, apalagi jika dilihat dari kejauhan atau atas bukit. Bentuk yang semacam itu yang kemudian menjadi asal mula penamaan pantai ini yaitu Jungwok.

Bentuk garis pantai yang indah terpadu dengan pasir putih yang bersih memberi suasana yang damai dan nyaman bagi pengunjung. Wisatawan bisa sekedar bermain air di tepi laut, bermain pasir yang lembut, bermain bola Voli, dan sebagainya.

3. Cocok dijadikan Tempat Camping

Karena masih tergolong sepi dari pengunjung, pantai ini sering dimanfaatkan untuk camping. Suasana yang masih tenang dan alami membuat pengalaman camping semakin terasa dan terkenang. Untuk keperluan camping, pengunjung harus membawanya sendiri dari rumah karena belum ada warga sekitar yang menyediakan peralatan camping. Jika ingin menikmati api unggun di pinggir pantai, pengunjung dapat membeli kayu bakar kepada warga sekitar yang menyediakan.

4. Pemandangan Pulau Kecil

Ketika pengunjung sudah berada di pantai Jungwok akan melihat pulau kecil yang membentang di tengah laut. Pulau tersebut terlihat kehijauan dan menambah keindahan pemandanga laut. Pengunjung bisa memanfaatkan pemandangan tersebut sebagai backround foto sefie dan dijadikan objek fotografi yang menjadi sasaran empuk para fotografer.

5. Pemandangan Batu Karang 

Di Pantai Jungwok pengunjung akan dimanjakan dengan pemandanga batu karang besar yang membentang di tengah lautan. Batu tersebut sering disebut sebagai batu topi atau watu topi dalam bahasa jawa oleh masyarakat setempat. Batu ini juga sering digunakan sebagai tempat memancing bagi warga juga beberapa pengunjung, namun harus tetap hati-hati.

Selain itu, juga terdapat batu karang yang menyebar di sekitar pantai ataupun di tepi laut.Di balik batu tersebut biasanya terdapat binatang laut yang menempel seperti ikan, lobster, dan sebagainya. Hal itu menjadi pemandangan yang menarik bagi pengunjung termasuk sebagai objek foto dan sebagainya.

6. Pemandangan Lautan yang Kebiruan

Laut di Pantai Jungwok mempunyai warna kebiruan yang cerah dan indah. Tidak ada sampah yang berserakan ataupun terbawa arus ombak laut. Hal itu menjadikan laut serta pantai terlihat sangat bersih dan alami.

Paduan birunya laut dan pasir putih pantai Jungwok menjadi daya tarik tersendiri dan menambah keindahan pemandangan alam. Pengunjung bisa sekedar bermain air di tepi laut ataupun bermain pasir khususnya untuk anak-anak. Selain itu juga cocok untuk menjadi spot ataupun backround foto bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen. Namun harus tetap hati-hati demi menjaga keselamatan diri.

7. Dekat dengan Wisata Menarik Lainnya

Pantai Jungwok tidak hanya dekat dengan pantai Wediombo dan Greweng saja, namun juga dekat dengan Pantai Jogan dan Nglambor. Pantai Jogan mempunyai eksotisme tersendiri yang berupa air terjun berpadu dengan lautan. Sementara itu, Pantai Nglambor sangat cocok untuk melakukan snorkling. Jadi, alangkah baiknya pengunjung Pantai Jungwok tidak melewatkan kedua pantai tersebut saat berwisata.

Nah itu tadi beberapa ulasan tentang rute jalan, tiket masuk, fasilitas dan beberapa hal menarik tentang Pantai Jungwok. Indah bukan? Tentu saja, dan apabila anda berencana tour ke Jogja pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda bersama teman maupun keluarga. 

Jika ingin berkunjung ke Pantai Jungwok atau destinasi wisata lainnya di Jogja, yang hemat, murah segera pesan paket wisata Jogja di Campatour.com.

Anda juga dapat menikmati keindahan Wisata Jogja dengan Tour ke Jogja dan memilih beberapa paket lainnya 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply