Info Curug di Bogor: Keindahan Curug Lontar yang Tersembunyi

Jika kita berselancar di google tentang info curug di Bogor, pasti Curug Lontar sangat jarang mendapat ulasan. Kira-kira kenapa, ya?

Curug Lontar memang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan seperti curug lain yang ada di Bogor. Tempatnya masih sangat asri dan alami. Nah, ini merupakan destinasi wisata yang sangat pas bagi kalian yang mendambakan lokasi tenang tetapi mampu menghilangkan penat. Lokasinya berada di Desa Karacak, Leuwiling, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Simak Juga : Wisata Curug Barong Salah Satu Air Terjun Hits di Bogor

Aliran air di Curug Lontar cukup deras dan berasal dari Sungai Cianten dimana aliran sungai ini dialiri dari Pegunungan Halimun Salak. Uniknya lagi, debit air di sini digunakan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air sejak zaman penjajahan, lho. Hal ini karenakan Curug Lontar memiliki ketinggian 35 meter. Sehingga, debitnya sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai sumber tenaga listrik.

Adanya PLTA Karacak ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Mereka biasanya berfoto di berbagai ltempat di sekitar bangunan PLTA Karacak. Tentu saja bangunan ini merupakan alternatif spot foto selain di sekitar air terjun.

Sumber : Google Map Curug Lontar Bogor

Minimnya info curug di Bogor yang membahas Curug Lontar membuat wisatawan jarang tertarik untuk berkunjung. Padahal, untuk masuk ke destinasi ini tidak diberlakukan tiket masuk. Pengunjung bebas datang dan berswafoto tanpa dikenakan biaya apapun. Namun, perlu diketahui bahwa dibawah curug ini terdapat tampungan air yang berbentuk kolam dengan kedalaman 26 meter dan luas mencapai 7.000 meter. Pengunjung sangat dilarang melakukan aktivitas di kolam ini, baik untuk berendam maupun berenang. Debit air yang kencang di kolam tersebut sangat berbahaya jika pengunjung nekat bermain air di kolah tersebut.

Sebagai gantinya, pengunjung dapat bermain air di sekitar Curug Lontar, berfoto, atau sekadar bersantai. Pemandangan berupa jajaran batu yang sangat eksotis dan aliran air terjuan yang cukup deras tentu menjadi latar belakang foto yang estetik.

Simak Juga : Trekking di Sentul Harga Promo 

Sangat disayangkan lokasi wisata seindah ini kurang terkespos dan dikenal oleh wisatawan. Padahal, keindahan alamnya tidak kalah dengan curug lain yang ada di Bogor. Agar lebih dikenal, curug ini harus banyak diekspos oleh siapa pun yang berkunjung ke sana dan mengunggahnya ke media social. Sehingga, keindahan alam ini tidak selamanya tersembunyi dan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu lokasi untuk melepas penat yang efektif seperti curug lain yang ada di Bogor.

Pengunjung perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit dari area penitipan motor menuju ke curug. Akses untuk menuju ke lokasi ini terbilang masih cukup sulit, sehingga memerlukan kehati-hatian saat menempuhnya. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, pepohonan rimbun dan hijau serta suasana adem dan lembab begitu terasa. Nuansa ini bisa merasuk ke sanubari secara seketika dan membuat perasaan menjadi tenang. Ditambah lagi dengan adanya aliran sungai yang jernih mampu menenangkan pikiran bagi siapa saja yang berkunjung. Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen di perjalanan menuju curug yang hijau dan adem ini, ya.

Sumber : Google Map, Curug Lontar

Pengunjung dapat menjangkau Curug Lontar dengan mengendari kendaraan pribadi maupun umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, baik motor atau mobil, kita dapat menuju Curug Lontar dari pusat kota yang diarahkan ke Leuwiling, kemudian lewat Sungai Cianten, dan menuju PLTA Karacak. Namun, jika menggunakan kendaraan umum dapat dimulai dari stasiun Bogor. Pilihlah angkot 02 atau bisa juga 03 yang menuju ke Bubulak. Kemudian, ganti angkot 05 Jasinga menuju Leuwiling. Sesampainya di pertigaan Kracak langsung ganti angkot 75 dengan tujuan Kracak-Puraseda.

Meskipun info curug di Bogor belum banyak yang membahas Curug Lontar, tapi potensi wisata di sini sangat baik dan mungkin kedepannya akan mampu menjadi saingan bagi curug lain di Bogor yang sudah terkenal terlebih dahulu. Penambahan failitas dan pengelolaan yang baik akan menunjang kenyamanan wisatawan yang datang. Sehingga, potensi wisata dapat lebih diekspos dan dikembangkan. Karena, sangat disayangkan keindahan di Curug Lontar belum bisa dikenal banyak orang, padahal sangat mumpuni untuk melepas penat bagi siapa pun yang sedang membutuhkan refreshing.

Ingin perjalananmu mudah dan praktis tingal brangkat tanpa harus persiapan perlengkapan trekking yuk trekking bareng kita dapatkan penawaran khusus dari kami campatour.com

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply