Wisata Curug Barong Salah Satu Air Terjun Hits di Bogor

Campatour.com – Tidak terbantahkan lagi bahwa Bogor merupakan salah satu tujuan wisata yang paling banyak diburu oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Selain terdapat wisata puncak, Bogor juga terkenal dengan surganya wisata air, termasuk wisata air terjun. Nah, saat ini ada air terjun di Bogor yang sedang hits di kalangan wisatawan, yaitu Curug Barong. Wisata Curug Barong atau Air Terjun Barong ini sangat pas untuk dijadikan tempat pelepas penat dari hiruk pikuk kesibukan kota.

Curug Barong berlokasi di Desa Karang Tengah Pabuaran yang masih dalam kawasan Kecamatan Sukamakmur. Salah satu alasan curug ini hits ialah lokasinya yang tergolong masih murni, terpencil, tetapi memiliki keindahan alam yang luar biasa. Mirip dengan wisata air terjun lainnya, untuk menuju ke Curug Barong diperlukan tracking beberapa menit. Namun, karena lokasinya yang berdekatan dengan Curug Leuwi Hejo, menjadikan Curug Barong lebih mudah dijangkau karena medan tracking sangat aman untuk pemula sekalipun.

Simak Juga : Curug Sawer Bogor, Wisata sambil Camping

Tinggi Air Terjun Barong hanya berkisar 10 m, sehingga aliran airnya tidak terlalu deras. Hal inilah yang menyebabkan kolam di bawah air terjun menjadi sangat nyaman untuk berendam, bermain air, hingga berenang. Airnya sangat jernih karena berasal dari Sungai Cirangrang.
Destinasi ini sangat disukai oleh pecinta alam. Kira-kira diperlukan waktu kurang lebih 40 menit dari pakiran hingga Curug Barong. Sepanjang perjalanan hingga sampai lokasi disuguhi pemadangan alam yang hijau dan alami, serta bebatuan alam yang seolah tertata seara apik. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat peternakan yang dimiliki oleh warga lokal.

curug barong
Sumber : google maps

Karena jalur tracking yang lumayan lama dan licin, pengunjung sangat tidak disarankan berkunjung pada saat curah hujan tinggi. Selain itu, saat musim hujan juga sering terjadi banjir dadakan di sekitar air terjun, sehingga sangat berbahaya. Sebaliknya, saat musim kemarau tiba, tracking ke Wisata Curug Barong sangat disarankan.

Jam Operasional Curug Barong

Wisata Air Terjun inni dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.
Namun, harus diingat sekali lagi bahwa tidak disarankan berkunjung saat curah hujan tinggi. Hal ini sangat membahayakan pengunjung karena adanya banjir, jalur yang licin, hingga arus yang tidak bersahabat.

Biaya yang Dibutuhkan untuk Wisata Curug Barong

Jangan heran jika untuk dapat menikmati keindahan Curug Barong diperlukan uang untuk membeli tiket lebih banyak. Karena, untuk sampai ke destinasi ini, pengunjung harus melewati tiket masuk Curug Leuwi Hejo terlebih dahulu. Tiket untuk masuk ke Leuwi Hejo dikenakan biaya 15.000 per orang, sedangkan untuk masuk ke Curug Barong dikenakan biaya 10.000 per orang. Sehingga, untuk sampai ke curug ini, pengunjung mengeluarkan biaya sebesar 25.000 per orang.
Selain biaya tersebut, pengunjung dikenalan biaya parkir kendaraan, yakni sebesar 15.000 per unit.

Fasilitas di Curug Barong

Fasilitas yang ada di Curug Borang terbilang sangat minim. Fasilitas umum seperti toilet dan mushola belum tersedia di sini. Namun, pengunjung dapat menggunakan fasilitas umum tersebut yang ada di Leuwi Hejo, yang berlokasi sebelum pengunjung sampai di Curug Barong.
Di Curug Barong juga tersedia pemandu yang dapat disewa. Tentu saja hal ini diperlukan karena memang jalur tracking ke destinasi memang sempit dan licin. Adanya pemandu dapat membantu pengunjung memilih pijakan yang aman saat tracking.

Selain itu, di sepanjang jalur tracking hanya ada satu warung yang menjual makanan dan minuman. Untuk itu, jika ke Wisata Curug Barong, pengunjung disarankan membawa bekala berupa makanan dan minuman yang diperlukan selama di perjalanan hingga sampai destinasi. Makanan dan minuman tersebut dapat dinikmati sambil berendam atau bermain air dengan suasana yang sangat menenangkan. Pengunjung juga disarankan membawa obat pribadi jika diperlukan.

Meskipun minim fasilitas, pengunjung dijamin tidak menyesal berkunjung ke Curug Barong. Keindahan alam yang disuguhkan akan membayar tuntas perjalanan yang telah dilalui untuk sampai ke destinasi. Yuk, segera agendakan! Mumpung musim kemarau sebentar lagi tiba. Pingin tanpa ribet ngurus trekking di sentul yuk bareng kita.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply