Curug Sawer Bogor, Wisata sambil Camping

campatour.com – Berlibur atau berwisata merupakan salah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi bagi sebagian banyak orang. Tentu saja hal ini dikarenakan stres dan kegiatan yang monoton tidak baik untuk kesehatan mental. Bagi orang Jakarta dan sekitarnya, salah satu destinasi recommended yang bisa dikunjungi iaah Curug Sawer Bogor yang biaya dan tempatnya sangat terjangkau dari berbagai kalangan.

Sumber:gmap/curugsawer

Bogor memang sudah dikenal sejak lama sebagai tempat yang ideal untuk berlibur karena udaranya yang sejuk dan nyaman. Jika selama ini hanya menganggap bahwa wisata di Bogor hanya berkaitan dengan puncak, pengetahun itu harus segera di upgrade. Saat ini sudah banyak wisata air terjun yang sangat menarik untuk dikunjungi di daerah Bogor.

Berlokasi di Ciapus, Bogor, Jawa Barat, Curug Sawer menyajikan keindahan alam terbuka yang alami dan menyejukkan mata. Curug atau air terjuan ini diberi nama “sawer” karena sesuai dengan fungsi dari curug itu sendiri. Yang mana, arti dari sawer ialah “bagi” atau “tebar”. Sehingga, maksud dari curug sawer adalah air terjun yang berfungsi menyebar air untuk mengairi sawah yang ada di sekitarnya.

Curug ini sangat istimewa karena dikelilingi oleh hamparan sawah yang seolah tertata dengan rapi dan indah. Tentu saja, hal ini menjadi sajian mata yang mampu menarik minat wisatawan. Hamparan sawah yang luas dan hijau sangat cocok menjadi latar untuk berfoto. Momen bahagia berwisata memang harus diabadikan dan tentu saja semakin indah momen tersebut karena pemandangan latar yang memukau.

Sumber:gmap/curugsawer

Di tempat wisata ini, tersedia arena outbond yang sering digunakan untuk kegiatan pelatiha, desa wisata, dan berbagai petualangan dari berbagai instansi. Tentu saja outbond terasa menyenangkan karena didampingi dengan pemandangan indah, sungai besar yang berbatu, air yang jernih, aliran air yang menenangkan, dan masih banyak yang lainnya. Hal ini tak lepas dari lokasi Curug Sawer yang berada di kaki Gunung Salak dengan keasrian yang masih sangat terjaga.

Untuk lebih tepatnya, lokasi Curug Sawer Bogor berada di Desa Gunung Malang, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat. Akses menuju ke sana bisa melalui jalan Gadong Sisi. Wisatwan perlu berhati-hati saat menuju ke curug ini karena aksesnya lumayan beliku ketika memasuki Desa Sukajadi, Tamansari.

Harga Tiket dan Tracking

Harga tiket masuk ke Curug Sawer tergolong murah, yakni hanya 10.000 saja per orang. Dari loket pembelian tiket, kita masih perlu jalan kaki selama kurang lebih 15 menit untuk sampai ke curug. Namun, jalan yang dilalui tersebut sudah dibangun sedemikian rupa agar pengunjung nyaman dan tidak berbahaya. Jalan yang berupa setapak itu melewati sungai, jembatan, sawah, dan jalurnya niak turun. Di sepanjang perjalanan, pengunjung tidak akan capek karena kalah dengan keindahan alam yang disuguhkan. Suasana asri, damai, dan tenang sangat terasa karena jauh dari kota.

Setelah sekitar melakukan perjalanan kurang lebih 15 menit, pengunjung akan sampai pada aula pertemuan. Dari sini, kita bisa menikmati pemandangan sawah yang ada di bawah dan curug dengan lebih jelas. Hamparan sawah yang hijau terlihat begitu jelas. Dari aula ini, lokasi curug hanya berjarak 100m ke arah bawah dengan menuruni jalan setapak. Sedangkan, disamping aula terdapat camping ground yang sering digunakan oleh berbagai instansi untuk berkemah.
Lokasi camping sangat strategis dan nyaman untuk memperoleh suasana berkemah yang berkesan dan aman.

 

Fasilitas

Karena lokasi wisata ini bagaikan surganya pecinta camping, tentu saja fasilitasnya sangat lengkap, baik untuk berwisata biasa maupun untuk camping. Beberapa fasilitas penunjang tersebut ialah sebagai berikut.

  1. Outdoor Training atau arena Outbond
  2. Arena Camping yang telah memenuhi standar
  3. Pakir luas
  4. Listrik
  5. Toilet
  6. Kafe

Tempat yang strategis, fasilitas yang lengkap dan mumpuni sangat menunjang para pecinta camping di alam bebas dan terbuka. Jadi, ayo segera rencanakan berkemah di Curug Sawer Bogor karena sebentar lagi musim kemarau datang. Waktu yang sangat pas untuk berkemah bersama keluarga, teman, atau organisasi lainnya. atau bisa dengan kami untuk mempercayakan kegiatan anda dengan klik trekking sentul.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply