Goa Kalisuci

Jogjakarta memiliki banyak sekali kekayaan alam dan beragam. Kota pelajar ini menjadi tempat yang cocok untuk wisatawan yang menyukai traveling karena di Yogyakarta tersedia berbagai tempat wisata yang menarik dan memiliki keindahan yang cocok untuk dikujungi. Di Yogyakarta terdapat beberapa tempat yang cocok untuk dikunjungi salah satunya adalah Gunungkidul.

Gunungkidul terkenal dengan pantai-pantainya yang memukau seperti Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Indrayanti, dan masih banyak lagi. Di Gunungkidul juga terdapat gua-gua yang sangat indah karena gunung kidul terdiri atas gunung atau perbukitan kapur. Salah satu gua tersebut adalah Gua Kalisuci. Gua ini dinamakan Kalisuci kaena air yang mengalir dibagian bawah sangat jernih.

 

Goa Kalisuci

Goa kalisuci merupakan obyek wisata alam di Gunungkidul, yaitu susur sungai rafting sekaligus susur gua atau cave tubing. kawasan goa kalisuci ini merupakan wisata susur goa yang pertama di Indonesia. Jadi kawasan goa kalisuci ini telah terlebih dahulu ada sebelum Goa Pindul terkenal.

Kalisuci ini merupakan salah satu tempat wisata yang banyak digemari oleh para pecinta alam yang menyukai tantangan. Untuk menjaga keselamatan wisatawan Cave Tubing kawasan karst hanya dibuka pada saat musim kemarau, saat musim hujan Cave Tubing tidak dibuka karena volume air akan naik. Jadi jika Anda akan mengunjungi Kalisuci untuk mencoba Cave Tubing sebiknya datang ketika musim kemarau.

 

Apa yang bisa dilakukan?

Banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan di Kalisuci salah satunya adalah Cave Tubing dengan arum jeram(rafting) di dalam bawah tanah, untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan menyusuri sungai tersebut. Berbagai fasilitas yang lengkap untuk melakukan cave tubing dintaranya ban pelampung, jaket pelampung, dan helm keselamatan itu sudah disediakan oleh pemandu wisata disana. Melakukan kegiatan Cave Tubing di Kalisuci wisatawan bisa menyaksikan indahnya pegunungan karst yang ada di Gunungkidul. Ditambah lagi wisatawan juga bisa merasakan derasnya air di sungai Kalisuci yang menantang. Selama perjalanan menyusuri sungai kalisuci pemandu wisata akan menceritakan asal mula Kalisuci sampai ke setiap sudut detailnya.

 

Rafting Goa Kalisuci

Wisatawan yang datang berwisata ke Goa Kalisuci akan menemukan keunikan berupa fenomena bukit karst serta goa yang dialiri sungai bawah tanah. Aliran sungai bawah tanah yang mengalir melalui goa-goa tersebut merupakan suatu  kesatuan aliran air sungai yang saling berhubungan satu sama lain di kawasan perbukitan karst Gunungkidul.

Cave Tubing Kalisuci

Di Goa Kalisuci ini para wisawatan bisa melakukan aktivitas susur sungai seklaigus susur goa yang menggunakan peralatan khusus yang telah disediakan pengelola Goa Kalisuci, antara perahu karet, tali, helm pengaman, dan jaket pelampung. Goa Kalisuci ini tergolong cukup panjang dengan langit-langit yang cuckup tinggi dan sungai yang memiliki kedalaman sekitar 2-3 meter.

Pict by: https://www.instagram.com/onyx_putra/

Jarak tempuh cave tubing di goa ini sekitar 500 meter dan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam. Pemandu yang menemani wisatawan selama ngetubing akan memberikan banyak hal yang berkaitan dengan bentukan goa, potensi goa, serta mengarahkan perjalanan wisatawan hingga menuju titik akhir. Jadi selain berwisata dan berpetualang, wisatawan juga akan mendapatkan banyak pengetahuan.

 

Letak Goa Kalisuci

Destinasi menarik ini terletak di Desa Pacarejo Kecamatan Semanu, dengan jarak 12 km dari Wonosari. Kalisuci terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Tarif tubing Goa kalisuci

Untuk Cave Tubing biaya per orang sebesar Rp. 120.000 (untuk Domestik) dan Rp. 200.000 (untuk Non Domestik) sudah termasuk dengan fasilitas yang pengelola berikan.

 

Di Campa Tour, juga menawarkan paket wisata Goa Kalisuci ini dengan beberapa destinasi seru lainnya.

Baca juga : https://campatour.com/tours/paket-tour-yogyakarta-kalisuci-teras-kaca-sukarame-rice-field-watu-gupit/

 

 

Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi Goa kalisuci atau ke tempat-tempat seru lainnya, langsung cek saja ke Campatour.com yaaa..

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply