Daerah istimewa Yogyakarta terkenal dengan destinasi wisata yang menarik. Memiliki lima kabupaten dengan sumberdaya alam yang unik di masing-masing tempatnya, membuat Yogyakarta memiliki tujuan wisata yang beragam. Yogyakarta menjadi tempat tujuan wisata yang banyak didatangi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Dengan keramtamahan masyarakat membuat wisatawan yang datang tertarik untuk datang kembali ke Yogyakarta. Salah satu kabupaten yaitu gunungkidul, menjadi penyumbang pantai yang indah di Jogjakarta.

Tak pernah lepas dari benak wisatawan, Gunung kidul memiliki banyak tempat wisata yang patut kalian ekspor. Salah satu pantai yang patut untuk dijelajahi adalah Pantai Greweng.

 

Pantai Greweng

Pantai Greweng adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang berbentuk teluk. Lokasinya yang diampit oleh dua tebing karang tinggi, membuat pantai ini terasa damai dan tenang. Suasana pantai didominasi oleh debur ombak dan suara burung pantai.

Areanya memang tidak terlalu luas. Lokasinya pun sulit diakses oleh kendaraan. Namun hal tersebut justru membuatnya terkesan eksklusif. Terutama bagi para Mencapai Pantai Greweng memang tidaklah mudah. Dilingkupi oleh bukit, pantai ini memiliki akses jalan setapaknya sendiri. Jalan ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau sepeda.

Medan jalur trekkingnya bisa dikatakan cukup menantang. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 40 – 50 menit berjalan kaki. Penerangan minim saat gelap, terlebih jalanan akan licin ketika hujan turun.

Jangan heran jika kawasan pantai ini populer di kalangan anak muda. Terutama kalangan pecinta alam, trekking juga bagian penting di perjalanan menuju Greweng. Meski menguras tenaga, namun jalur ini dihiasi pemandangan yang memanjakan mata pecinta alam yang mencari ketenangan dengan berkemah di kawasan pantai.

Pict by: instagram-@srianap

Dengan kontur yang landai dan luas, Pantai Greweng menyediakan banyak tempat untuk berkemah. Di samping itu, sumber air tawar dari sungai pun bisa dengan mudah dijangkau. Barisan pohon pun bisa jadi peneduh alami tenda dari sinar matahari terik.

Lokasinya yang menuntut usaha ekstra membuat pantai ini digemari kalangan tertentu saja. Biasanya wisatawan yang kemari memang sengaja ingin berkemah di pantai. Jangan heran jika pantai ini tidak sepadat pantai lainnya bahkan ketika musim liburan.

Sayangnya, dipantai ini tidak bisa terlihat momen sunset atau sunrise karna terhalang tebing yang menutupinya. Tetapi tenang saja, wisatawan dapat menikmati pemandangan langit yang berubah dari waktu ke waktu.

Pict by: mytrip123.com

 

Misteri Pantai Greweng

Misteri Pantai ini berkaitan dengan adanya timbunan pohon di sekitar pantai. Rimbunan itu berada di jalan setapak sebelum mencapai pantai. Konon, di situ adalah pasar gaib yang penuh dengan jin. Beberapa pengunjung mengaku merasakan hawa aneh di sekitar pepohonan itu. Ada yang bilang seperti berada ditempat jauh dan sangat sepi. Padahal ada orang di sana.

Pasar gaib tersebut adalah tempat penunggu Pantai Greweng. Sudah ada pembatas tali rafia di sana yang artinya tidak boleh dilewati. Namun demikian, ada juga pengunjung yang belum mengerti tentang ini.

 

Misteri Goa Sukarno Pantai Greweng

Barisan bukit bebatuan karst membentuk goa di beberapa area pantai. Ada cerita rakyat mengenai goa-goa ini, Konon Presiden RI pertama, Ir. Soekarno dulu sempat bertapa tujuh hari tujuh malam di salah satu goa.

Pict by: nasirullahsitam.com

Ceritanya, Dulu di goa itu beliau pernah bertapa selama 7 hari 7 malam. Bertahan dengan goa yang hanya terdapat meja dan kursi. Dengan pintu masuk yang hanya muat untuk orang dewasa. Konon, siapa aja bisa masuk dalam goa, artinya permintaannya akan ada yang terpenuhi. Menrut cerita lokal, tidak semua orang bisa masuk ke dalam goa. Karena selain sempit, goa ini dipenuhi dengan tajamnya karang.

Lokasi Pantai Greweng

Pantai ini berlokasi di Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Harga tiket masuk

Tarif tiket masuk ke Pantai Greweng sudah termasuk dalam tiket masuk Pantai Wediombo. Dengan harga sangat murah dan terjangkau, wisatawan sudah bisa menjajal lokasi wisata ini. Selain tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan tarif parkir sesuai jenis kendaraan. Untuk mengakses ke lokasi, pengunjung cukup membayar karcis seharga Rp 5.000,-. Sedangkan untuk parkir dikenakan Rp 2.000,-.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply