Curug Luhur

Wisata alam memang selalu menjadi pilihan tempat liburan untuk menghilangkan kejenuhan. Suara angin, gemercik air, udara sejuk dan hijaunya pepohonan membuat hati tenang.

Berbicara tentang wisata alam, Bogor menjadi salah satu tempat pelarian untuk menyegarkan badan dan pikiran yang lelah setelah bekerja. Bogor sebagai kota hujan memang identik dengan panoraman alam yang sejuk dengan banyaknya daerah pegunungan dan hutan sehingga tempat ini cocok dijadikan tempat wisata. Bogor memiliki banyak sekali curug dan leuwi. Sebagai wilayah yang memiliki topografi cukup tinggi dan berada di sekitar pegunungan, wajar bila Bogor mempunyai banyak obyek wisata air terjun atau curug. Salah satu curug yang ada adalah Curug Luhur.

Istilah Curug seringkali dipakai di Pulau Jawa, baik Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur. Artinya sendiri adalah air terjun. Sedangkan nama Luhur memiliki makna ‘tinggi’. Tinggi ini mengacu pada ketinggian air terjun yang melebihi deretan air terjun lainnya.

Yang menarik di Curug Luhur

Curug Luhur memiliki dua air terjun utama yang letaknya sejajar. Air terjun kedua merupakan cabang buatan penduduk setempat hasil pembelokan aliran sungai. Kedua air terjun tersebut airnya alami, dingin, dan segar khas air pegunungan.

Pesona Curug Luhur/ Pict by: wisatakaka.com

Air terjun yang berada di kaki Gunung Salak ini memiliki panorama yang indah. Udaranya pun sangat sejuk dengan suasana yang asri. Di sekitar air terjun juga terdapat tempat-tempat untuk bersantai bagi wisatawan.

Di bawah curahan Curug Luhur terdapat sebuah kolam besar dengan airnya terlihat berwarna kebiruan. Kolam bentukan alam ini cukup dalam karena merupakan hasil gerusan curahan air. Pengelola telah memasang tali sebagai pembatas daerah aman. Wisatawan tidak diperbolehkan bermain air melewati batas yang dipasang demi alasan keamanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti di Curug Bidadari, di destinasi Curug Luhur terdapat banyak kolam buatan yang airnya sengaja dibuat melimpah ruah.  Airnya bersumber dari aliran mata air alami Gunung Salak yang tak pernah kering. Jenis kolam pun tersedia bervariasi, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Baca juga: https://campatour.com/curug-bidadari-sentul-paradise-bogor/

 

Waterboom Curug Luhur/ Pict by: nativeindonesia.com

Kolam-kolam buatan tersebut merupakan waterpark lengkap dengan berbagai wahananya. Seperti seluncur air, spiral, dan ember tumpah. Bahkan, ada juga pipa seluncur panjang dan berkelok yang cukup memacu adrenalin.

Fasilitas

Destinasi Curug Luhur menyediakan fasilitas yang cukup lengkap bagi wisatawan. Area parkir disediakan pada sebuah lahan yang cukup luas. Telah tersedia juga sarana seperti toilet, musola, ruang ganti, dan tempat bilas.

Di dekat area parkir kendaraan terdapat banyak penjual makanan dan minuman dari yang ringan hingga hidangan utama. Dengan udara kawasan yang sejuk, di sekitar lokasi wisata ini banyak terdapat penginapan. Sayangnya, belum tersedia area perkemahan di sekitar kawasan wisata.

 

Lokasi Curug Luhur Bogor

Curug Luhur Bogor merupakan bagian dari jajaran obyek wisata air terjun yang ada di kaki Gunung Salak. Ketinggian topografinya kurang lebih 624 meter diatas permukaan laut. Sedangkan alamat lengkapnya berada di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jaraknya dari obyek wisata Kebun Raya Bogor kurang lebih 22 kilometer, sedangkan dari pusat kotanya hanya sekitar 18 kilometer saja.

Untuk mencapai lokasi air terjun hanya memerlukan waktu tempuh tidak sampai 5 menit. Wisatawan hanya perlu berjalan sekitar 150 meter menuruni tangga dari area parkir kendaraan. Curug Luhur berada di lokasi dengan jarak sekitar 2 km dari Curug Nangka.

 

Harga tiket masuk, hari dan jam buka

Untuk menikmati sejuknya air Curug Luhur ini, wisatawan yang datang berkunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket memang tidak bisa dikatakan murah untuk objek wisata air terjun yaitu sebesar IDR 45.000. Destinasi ini buka setiap hari, dari senin sampai minggu dan buka pukul 08.00 – 18.00.

 

 

 

 

Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi Curug Luhur atau ke tempat-tempat menarik lainnya di seluruh Indonesia, bisa langsung cek aja ke Campatour.com yaaa

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply