Pembuatan Gula Pohon Nira
Gula merupakan salah satu pemanis yang terbuat dari nira dan berasal dari tandan bunga jantan dari pohon enau. Kali ini kita akan membahas mengenai cara pembuatan gula merah yang berasal dari pohon nira kelapa. Pohon kelapa tentunya banyak tersedia di sekitar kita. Apalagi bagi anda yang tinggal di daerah pedesaan, sudah pasti banyak sekali pohon nira yang telah tersedia.
Sebelum akhirnya dibuat menjadi gula merah. Ternyata anda perlu melakukan proses penyadapan nira kelapa terlebih dahulu. Bahkan proses yang perlu anda lakukan ini cukup sulit sekali dan bisa saja anda membutuhkan tenaga yang cukup besar pula. Supaya lebih paham lagi, sebaiknya anda simak proses pembuatan gula dari pohon nira ini.
Proses pengolahan nira menjadi gula kelapa
  • Saring nira yang sudah anda peroleh kemudian masukkan dalam wajan.
  • Masak nira dengan api yang panas.
  • Lama pemasakan tergantung dari banyaknya nira yang anda masak.
  • Aduk secara cepat gula merah cair yang belum mengental dengan arah secara memutar.
  • Apabila sudah mengental dan berwarna kemerahan kemudian tuang dalam cetakan. Jika sudah 10 menit lalu cairannya telah padat maka proses pembuatannya pun sudah selesai.
  • Setelah mengeras keluarkan dari cetakannya kemudian tempelkan pada gula yang ada di cetakan lainnya, dengan tujuan agar bentuk yang dihasilkan sama dengan yang lainnya.
  • Supaya tidak lengket satu dengan yang lainnya, diantara gala-gala bisa dialasi dengan menggunakan daun pisang yang sudah kering.
  • Pengepakan pun kini siap dilakukan.
Untuk bias membuat gula dari pohon  nira ini, anda memang membutuhkan proses yang cukup lama dan juga panjang. Yang terpenting anda mengetahui caranya sehingga anda bisa dengan mudah mencoba untuk membuatnya. Apalagi saat ini sudah banyak sekali orang yang memproduksi gula yang berasal dari pohon nira ini. Sebenarnya hal yang melelahkan adalah menunggu nira semakin mengental dan akhirnya menjadi gula merah yang kita inginkan.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply