Lumajang Dan Pesona Air Terjun Tumpak Sewu, harga tiket, fasilitas, dan rute

Negara Indonesia memang tidak pernah berhenti memberikan beragam pesona indah dari sektor apapun yang salah satunya adalah dari sektor pariwisata. Hal ini dapat dibuktikan dengan dapat ditemukannya berbagai macam pesona wisata, dari mulai wisata alam sampai dengan wisata buatan manusia yang tersebar di seluruh negara Indonesia ini. Bahkan jika mau menghitungnya pun, hampir pada setiap kota yang ada di Indonesia memiliki pesona dari sektor pariwisatanya sendiri-sendiri.

Salah satu kota di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata yang dapat dikatakan kelas dunia adalah Kota/Kabupaten Lumajang yang ada di Provinsi Jawa Timur. Dengan luas wilayahnya yang berukuran 1.790,90 km2, ternyata Lumajang juga menyimpan sebuah pesona pariwisata eksotis yang berupa air terjun Tumpak Sewu. Pemandangan indah yang tersaji secara alami dari air terjun Tumpak Sewu ini akan membius setiap wisatawan, baik asing ataupun lokal yang berkunjung ke lokasi wisata alam ini.

Jika dilihat secara sekilas, air terjun Tumpak Sewu ini memiliki tampilan layaknya air terjun Niagara yang berada di Amerika Serikat. Dengan menggunakan pos panorama yang disediakan oleh pengelola wisata alam ini, maka para pengunjung asing maupun lokal akan dapat menikmati segala keindahan yang disajikan oleh pesona air terjun Tumpak Sewu ini. Selain menikmati pesona air terjun yang berada di Kabupaten Lumajang ini, para wisatawan pun juga dapat mendekatinya dengan menuruni lembah di bawah air terjun Tumpak Sewu.

Salah satu syarat untuk para wisatawan asing ataupun lokal yang ingin menuruni lembah dari air terjun Tumpak Sewu, maka para wisatawan asing maupun lokal tersebut diharuskan untuk menyewa jasa pemandu yang sudah menguasai medan dari wisata ala mini. Perjalanan para wisatawan di lembah dari air terjun Tumpak Sewu akan teru berlanjut bersama dengan seorang pemandu tersebut hingga mencapai ke mulut Goa Tetes.

Goa Tetes yang berada di bawah air terjun Tumpak Sewu ini juga memiliki pesonanya sendiri, yaitu dengan tetesan-tetesan airnya yang berasal dari sumber mata air yang memenuhi lokasi dari goa itu sendiri. Air-air dari sumber mata air tersebut memiliki bentuk yang mengkristal saat mengalir menuju ke aliran sungai yang lokasinya berada di bawah Goa Tetes ini sendiri. Goa Tetes sendiri adalah wisata yang telah lebih dahulu dibuka untuk dikunjungi oleh wisatawan secara umum sebelum dibukanya air terjun Tumpak Sewu ini.

Bagi para penikmat wisata alam baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing, pesona air terjun Tumpak Sewu dapat dikunjungi dengan memasuki Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dan mengarahkan transportasi menuju ke Desa Sidomulyo yang berada di Kecamatan Pronojiwo. Keindahan yang disajikan oleh air terjun Tumpak Sewu ini merupakan salah satu surga tersembunyi diantara surga tersembunyi lain yang berada di dalam wilayah negara Indonesia.

foto by; filoppo_caesarini

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply