Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata menarik. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, dan sebagainya. Kali ini kami akan membahas salah satu tujuan wisata di Yogyakarta, tepatnya di daerah Sleman, yaitu Tebing Breksi.

Taman wisata Tebing Breksi adalah salah satu wisata alam di Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, destinasi ini berupa perbukitan batuan breksi. Batuan ini di ukir sedemikian rupa agar cantik dan menarik.

 

Sejarah

Sebelum tempat ini menjadi sebuah destinasi wisata, tempat ini dulunya merupakan tempat penambang batuan alam. Di sekitar lokasi penambangan terdapat tempat-tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk dijadikan bahan dekorasi bangunan.

Pada tahun 2014, penambangan di tempat ini ditutup oleh pemerintah. Penutupan ini berdasarkan hasil kajian yang menyatakan bahwa batuan yang ada di lokasi penambangan ini merupakan batuan yang berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran. Kemudian lokasi penambangan ditetapkan sebagai tempat yang dilindungi dan tidak diperkenankan untuk kegiatan penambangan.

Setelah penutupan aktivitas tambang tersebut, masyarakat mendekorasi lokasi bekas pertambangan ini menjadi tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Tepatnya pada bulan Mei 2015, Tebing Breksi ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai tempat wisata baru di Jogja.

 

Apa yang menarik di sini?

Kehadiran tebing sendir sudah sangat menarik. Pasalnya, potensi wisata alam yang dimilikinya menawarkan banyak hal yang tidak boleh dilewatkan, diantaranya adalah pemandangan dinding tebing dengan ornamen patahan yang terlihat begitu artistik. Sebab, pada dasarnya tebing ini memang sudah terbentuk jutaan tahun yang lalu dan dijadikan sebagai tempat penambangan. Walaupun saat ini sudah tidak lagi dijadikan sebagai tempat penambangan, tapi sisa-sisa dari aktivitas penambangan tersebut mampu menghadirkan ornamen pahatan yang membuat tebing tersebut tampak seperti kue lapis.

Pict by: seputarwisata.com

Berfoto dengan latar tebing tentu saja menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Oleh karena itu, tak heran jika tebing ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto, terutama bagi para pasangan yang sedang melakukan sesi pre wedding dan momen sepesial lainnya. Hal yang paling istimewa saat berada di tebing ini adalah, dari atas tebing para wisatawan bisa melihat keseluruhan kota Jogjakarta, bahkan aktivitas masyarakat pun dapat terlihat dari atas tebing, seperti pesawat yang lepas landas, kendaraan yang hilir mudik dan lain sebagainya. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat melihat Candi Barong, Gunung Merapi, Candi Prambanan dan Candi Sojiwan

 

Lokasi 

Destinasi ini berada di wilayah Kabupaten Sleman. Lokasinya berada di sebelah selatan Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko. Lokasi Wisata Tebing Breksi tepatnya berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Rute

Untuk rute/akses menuju ke Tebing Breksi, wisatawan bisa mengikuti arah menuju ke Candi Prambanan terlebih dahulu, karena ini adalah rute termudahnya. Nanti setelah sampai di pertigaan pasar Prambanan, wisatawan bisa langsung belok kanan untuk mengambil arah yang menuju ke Piyungan. Dari pasar menuju ke Tebing Breksi ini hanya sekitar 3 km.

Oke, setelah itu, ikuti arah yang menuju ke Candi Ijo terlebih dahulu sampai menemukan pertigaan yang ada sebelum SDN Sambirejo, lalu belok kiri di pertigaan ini. Lanjutkan terus perjalanan hingga kira-kira sejauh 1 km dengan melintasi jalanan yang kurang mulus dan akhirnya sampai di lokasi Tebing Breksi.

 

Harga tiket masuk

Destinasi ini belum menetapkan biaya masuk. Hanya biaya parkir yang harus dibayarkan oleh pengunjung. Wisatawan cukup membayar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4.

 

Jam operasional

Destinasi ini sudah mulai di buka pada jam 5 pagi hingga 18.00 sore. Jadi wisatawan dapat menikmati sunrise dan sunset yang indah di tempat ini.

Karna Tebing Breksi ini berada di tempat terbuka dan tidak ada rimbunan pohon, jadi baiknya jika berkunjung ke sini pada saat pagi ataupun sore hari.

 

 

Buat kamu yang tertarik untuk berkunjung ke taman wisata Tebing Breksi ini atau tempa-tempat menarik lainnya silahkan cek di Campatour.com ya.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply