Anda penyuka acara permainan dari Jepang yang bernama Benteng Takeshi?

Siapa sangka di Daerah Istimewa Yogyakarta ada sebuah destinasi yang memiliki sebuah kastil yang mirip dengan kastil di acara tersebut. Nama destinasi tersebut adalah The Lost World Castle. 

The Lost World Castle ini merupakan destinasi wisata yang berada di lereng merapi. Tepatnya di  Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Lokasi wisata instagramable ini berjarak 29 km dari pusat kota dan berada tepat di lereng Gunung Merapi.

Meskipun berada di kawasan merapi, destinasi ini tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan. Wahana-wahana di destinasi ini memanfaatkan sisa-sisa erupsi merapi. Dengan begitu, The Lost World Castle ini memiliki ciri khasnya.

Sejarah

Yang menarik dari destinasi ini, dulunya tanah tempat membangun The Lost World Castle ini merupakan sebuah desa. Desa tersebut adalah Desa Kepuharjo. Desa ini disapu bersih karena dari letusan Gunung Merapi pada tahun 2010. Penamaan destinasi ini sebagai The Lost World Castle, sebagai pengingat kepada masyarakat akan kejadian tersebut.

Karna letusan merapi tersebut, masyarakat pun mengalami krisis ekonomi. Kemudian masyarakat desa kemudian menggandeng Ayung, pengusaha lokal, untuk membangun tempat wisata ini.

Jaraknya dengan Gunung Merapi membut destinasi ini menjadi masuk dalam kawasan rawan bencana yang ditetapkan Pemerintah Provinsi DIY. Pada 2017 destinasi ini rencananya akan ditutup, karena menyalahi aturan. Terlepas dari sengketa perizinan pembangunan yang membuat tempat wisata ini berdiri secara ilegal, tempat wisata ini terus buka sampai sekarang.

 

Apa yang menarik?

Di dalam The Lost World Casle, pengunjung disuguhkan potret gagahnya Gunung Merapi. Selain itu, di dalam objek wisata yang memiliki luas hingga 1,3 hektar ini terdapat berbagai latar untuk mengambil foto yang menarik. Di antaranya taman koboi, awan putih, sepeda motor terbang, sayap bidadari, dan lain-lain. Selain itu, ada juga latar foto trik tiga-dimensi berupa air terjun, permadani terbang, dan beberapa bunga sakura tiruan yang turut menghidupkan suasana.

Pict by: jejakpiknik.comJogja

Tidak hanya Tembok Besar Cina, foto di atas awan, atau lukisan 3D saja yang menjadi spot foto menarik. Ada juga beberapa landmark dunia yang juga unik saat difoto. Ada Stonehenge, pepohonan sakura seperti di Jepang, hingga perkampungan Suku Indian. Tidak hanya itu, replika The Lost World seperti di dalam film pun ada. Lengkap dengan replika tulang fosil dinosaurusnya.

Selain itu, wisatawan dapat juga melihat Kota Jogja dari atas ketinggian. Pada saat senja, tentu saja membuat tempat ini menjadi semakin romantis dan cantik.

 

Fasilitas

Failitas yang ada di dalam destinasi ini yaitu toilet, mushola, dan area parkir. Tarif parkirnya seharga Rp 2.000 dan retribusi sebesar Rp 6.000. Di destinasi ini juga terdapat penyewan baju korea. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Korea untuk berfoto memakai hanbok.

 

Rute

Wisatawan dapat memulai perjalanan menuju ke arh Gunung Merapi. Kemudian menuju Kaliadem, Jalan Bebeng. Lalu ikuti saja petunjuk jalan.

 

Tips

Untuk wisatawan yang ingin berkunjung, disarankan membawa bekal karena masih jarang yang berjualan di area destinasi ini. Disarankan juga agar tidak datang saat siang hari karena terik matahari yang menyengat. Persiapkan juga kendaraan yang fit agar perjalanan tetap lancar. Powerbank juga sebaiknya dipersiapkan , karena banyak sekali sudut-sudut cantik untuk di foto.

 

 

Buat kalian yang tertarik mengunjungi The Lost World Castle atau destinasi menarik lainnya, langsung cek ke Campatour.com ya.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply