Tips Wisata Keluarga di Derawan
image of 1140x530

Tips wisata keluarga di derawan

Derawan, Destinasi Wisata Keluarga di Kalimantan :Derawan merupakan pulau cantik yang memiliki keindahan yang mempesona. Jika diibaratkan, Jawa memiliki Bali, maka Kalimantan memiliki derawan. Jika anda berencana berlibur bersama teman atau keluarga, simak tips wisata keluarga di dewaran berikut ini.

Menuju Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawn berada di sebelah timur pulau kalimantan. Kepulauan ini terletak di sebelah barat dari laut Sulawesi. Kota besar terdekat dari kepulauan Derawan adalah Balikpapan yang memiliki bandar udara. Jadi bagi anda yang berasal dari luar Kalimantan, pesawat anda untuk tujuan Derawan adalah menuju Balikpapan terlebih dahulu.

Dari Balikpapan terdapat dua pilihan bagi anda. Titik penyeberangan menuju kepulauan Derawan dari kalimantan terdapat dua lokasi yaitu Tarakan dan Berau. Masing-masing lokasi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Dari Balikpapan menuju Tarakan terdapat beragam pilihan transportasi baik darat ataupun udara. Akan tetapi kekurangannya adalah dari Tarakan, penyebrangan menuju kepulauan derawan sangat terbatas. Tidak ada kapal penyeberangan umum menuju Derawan. Mau tidak mau anda hanya menyewa kapal untuk menuju derawan. Tips wisata keluarga di Derawan, jika anda bersama keluarga mengunjungi Derawan sebaiknya anda mencari rombongan bersama menuju Tarakan. Jika tidak, biayanya relatif lebih mahal.

Nah sedangkan transportasi dari Balikpapan menuju Berau tidak terlalu banyak. Akan tetapi terdapat beberapa maskapai yang melayani penerbangan menuju Berau seperti Garuda Indonesia, Kalstar, Wings Air, dan Sriwijaya Air dan tarifnya sedikit lebih mahal. Akan tetapi penyeberangan dari Berau menuju Derawan dapat anda temukan dengan mudah. Dari bandara di Berau anda bisa ikut kendaraan travel untuk sampai di Tanjung Batu penyeberangan menuju Derawan. Kemudian naik speedboat umum menuju Derawan.

Penginapan di Kepulauan Derawan

Derawan sebagai destinasi wisata sudah terkenal sejak lama. Di kepulauan ini, anda bisa menemukan dengan mudah banyak jenis penginapan dari mulai homestay sederhana hingga resort mewah. Semuanya tersedia sesuai kebutuhan dan kemampuan anda.

Nah karena anda bersama keluarga tips wisata keluarga di Derawan adalah anda bisa menyewa satu rumah atau homestay. Di pulau Derawan sebagai pulau utama kepulauan derawan, anda dapat dengan mudah menemukan rumah-rumah yang disewakan. Harganya juga relatif murah dari mulai Rp 100.000 untuk kamar hingga diatas Rp 300.000 untuk sebuah rumah kecil sederhana. Jika anda ingin merasakan sensasi liburan, anda bisa menyewa pondok-pondok yang dibangun di atas laut. Harganya mulai dari Rp 300.000 hingga jutaan rupiah. Kebanyakan pondok ini dimiliki oleh resort wisata.

Jika dibandingkan dengan tarif penginapan di pulau Derawan, tarif di pulau Maratua sedikit lebih mahal. Di sini juga terdapat beberapa penduduk yang menyewakan homestay. Akan tetapi di pulau Maratua ini terdapat dua resort yang terkenal dan cocok untuk tempat menginap bersama keluarga yaitu Water Villa dengan tarif sekitar Rp 1.000.000 dan Beach Villa yang lebih terjangkau yaitu Rp 600.000.

Wisata di Pulau Derawan

Nah cantiknya pulau derawan tentu saja berhubungan dengan air. Di sini anda bisa menemukan beragam destinasi wisata yeng berhubungan dengan air. Pantai-pantai cantik bisa anda temukan dengan mudah di pulau-pulau di kepulauan Derawan seperti Pulau Kakaban, Maratua, Nabucco, Banugnan, Sangalaki, dan juga pulau utama di pulau Derawan.

Tips wisata keluarga di derawan adalah sebaiknya anda membawa pelampung bagi anak-anak anda. Di sini banyak terdapat lokasi pantai dangkal dan kolam-kolam cantik. Tidak semua kawasan menyediakan pelampung terutama untuk anak-anak. Namun anda bisa menemukan banyak persewaaan perlengkapan snorkeling dan penyelaman. Jangan lupa juga anda bisa mengajak anak-anak anda untuk mengunjungi penangkaran penyu di Derawan.

Berkeliling di Derawan

Tips wisata keluarga di Derawan, anda juga butuh transportasi untuk berkeliling. Di sini terdapat beberapa cara, yang pertama anda bisa berjalan kaki karena ukuran pulau yang tidak terlalu besar. Kedua anda bisa menyewa kapal untuk mengelilingi pulau-pulau yang ada di kawasan kepulauan derawan harganya sekitar Rp 1.500.000 setiap harinya. Untuk kapasitasnya bisa untuk 3 sampai 4 orang. Sedangkan untuk kapal lebih besar dengan kapasitas hingga 12 orang harga sewanya berkisar Rp 2.500.000.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply