Eksotisme Wisata Ternate dan Tidore
image of 1140x530

Ternate dan Tidore adalah sebuah pulau di Kepulauan Maluku tepatnya berada di wilayah Provinsi Maluku Utara. Ternate dan Tidore sendiri memiliki sejarah yang sangat terkenal sejak jaman penjajahan Belanda. Namun mungkin belum banyak yang mengetahui tentang eksotisme wisata Ternate dan Tidore. Maluku yang kaya akan rempah – rempah membuat banyak bangsa Eropa berebut kekuasaan termasuk Ternate dan Tidore yang diperebutkan oleh Portugis dan Belanda.

Potensi wisata Ternate dan Tidore sangat sayang untuk dilewatkan dan perlu dikembangkan lebih lanjut. Dengan berbagai keindahan yang ditawarkan, berwisata ke Ternate dan Tidore juga tidak terlalu menguras budget yang besar. Hanya dengan merogoh kocek sekitar 350 ribu saja sudah bisa menyewa kendaraan untuk berkeliling selama seharian penuh.

 

Destinasi Wisata Ternate dan Tidore yang Wajib Anda Tahu

Mungkin masih banyak para wisatawan yang belum mengetahui potensi besar wisata Ternate dan Tidore. Di Wilayah Ternate dan Tidore ternyata menyimpan wisata bahari yang mempesona dan memiliki banyak peninggalan sejarah dan budaya. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Ternate dan Tidore:

  • Puncak Kie Matubu

Terletak di Pulau Tidore, spot Puncak Kie Matubu sangat cocok untuk para wisatawan yang suka dengan petualangan. Puncak Kie Matubu yang juga dikenal sebagai Gunung Tidore memang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Puncak Kie Matubu adalah gunung tertingi di Maluku Utara dengan ketinggian 1.730 mdpl.

  • Aliran lava di Batu Angus

Di tempat ini para traveler akan disuguhi pemandangan bongkahan batuan dengan warna dan bentuk yang sangat kontras dari batuan di sekitarnya hingga sepanjang 2 km. Tempat ini ternyata merupakan bekas aliran lava yang membeku ketika Gunung Gamalama meletus di tahun 1907. Anda disarankan untuk datang di pagi hari demi menghindari teriknya snar matahari.

  • Danau Tolire

Di Ternate juga memiliki wisata Danau Tolire. Danau ini terbagi ke dalam dua buah danau yang dikenal sebagai Tolire Kecil dan Tolire Besar. Danau Tolire Kecil memiliki warna air yang gelap dan berada di pinggir pantai. Sedangkan Danau Tolire Besar memiliki warna air hijau. Aktivitas vulkanik di kedua danau ini masih dapat disaksikan dengan jelas.

  • Benteng Tore dan Tahula

Jika pergi ke Tidore jangan sampai lupa mengunjungi wisata sejarah Benteng Tore dan Tahula. Anda akan disuguhkan panorama keindahan alam yang jelas kota dan laut serta Pulau Halmahera. Namun dibutuhkan energi ekstra untuk menjangkau tempat ini karena harus menaiki anak tangga yang lumayan jika ingin ke benteng ini.

  • Pantai Cobo

Wisata Ternate dan Tidore selanjutnya adalah Pantai Cobo yang terletak di Pulau Tidore. Anda akan bisa menyaksikan keindahan Pulau Halmahera dari pantai ini. Pantai Cobo sangat tepat untuk Anda yang menyukai wisata sunrise dan sunset.

  • Taman Laut Maitara

Obyek wisata ini terletak terletak diantara Pulau Ternate dan Pulau Tidore. Maitara sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang dikelilingi pantai dengan hamparan pasir putihnya. Taman Laut Maitara sangat cocok untuk area snorkeling maupun diving karena memiliki taman laut yang indah dengan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Anda juga akan disuguhi keanekaragaman spesies ikan di Taman Laut Maitara. Untuk yang hobi memancing terdapat lokasi memancing yang bagus yakni di Tanjung Tongowai. Anda pun bisa mengabadikan gambar Pulau Maitara dan Tidore seperti yang tampak dalam pecahan uang kertas Rp 1000.-.

  • Pantai Bobane Ici

Pantai di Pulau Ternate ini terkenal dengan ombaknya yang ganas serta batu karangnya yang besar.  Para wisatawan pun sangat tidak direkomendasikan untuk berenang di pantai ini. Namun tak usah khawatir karena fasilitas di Pantai Bobane Ici cukup lengkap mulai dari hotel, tempat makan hingga kolam renang. Ikan bakar menjadi menu khas di tempat ini.

  • Benteng Kastela

Benteng Kastela di Ternate menjadi rekomendasi tempat wisata Ternate dan Tidore selanjutnya. Namun benteng ini sepi pengunjung karena letaknya yang jauh dari kota dan terpencil. Namun Anda pasti kagum dengan keindahan arsitektur benteng ini.

 

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply