Keindahan Kepulauan Krakatau

Krakatau merupakan saksi sejarah alam dimana akibat meletusnya gunung ini, Pulau Jawa dan Sumatra terpisah oleh selat Sunda. Kawasan Krakatau secara administratif termasuk dalam kawasan Lampung Selatan tepatnya di kecamatan Rajabasa. Sekilas mengenai kawasan lokasi wisata Anak Gunung Krakatau, merupakan kawasan kepulauan yang terbentuk kurang lebih 40 tahun setelah gunung Krakatau meletus pada tahun 1883. Di sekitar kawasan gunung Krakatau terbentuk tiga pulau utama yang termasuk ke dalam Kepulauan anak gunung krakatau. Di setiap pulau utama tersebut terdapat gunung api kecil yang diibaratkan sebagai anak krakatau.

Destinasi di Anak Gunung Krakatu

Kepulauan tersebut kini mejadi objek wisata anak gunung krakatau. Selain sebagai wisata, Kepulauan Krakatau menjadi lokasi penelitian. Dengan luas hingga mencapai 13.733 hektar dengan luas dataran 2.533 hektar dan lautan 11.200 hektar, kepulauan Krakatau menjadi lokasi favorit bagi para wisatawan atau pun  peneliti. Penelitian yang dilakukan di kawasan ini meliputi biologi, geologi dan vulkanologi. Namun bagi wisatawan, pemandangan dan keindahan alam yang dimiliki krakatau merupakan destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Setiap kawasannya di kepulauan Krakatau baik di lautan atau di daratan merupakan lokasi yang menarik untuk dijelajahi.

Wisata Pendakian Gunung Api Aktif

Ada beberapa jenis lokasi wisata yang menarik di wisata anak gunung krakatau ini. Yang pertama adalah tentu saja gunung api yang masih aktif. Meskipun masih aktif, namun justru hal inilah yang menjadi daya tarik utama dari gunung anak krakatau. Akan tetapi pengunjung yang ingin mendaki gunung anak krakatau hanya bisa sampai ketinggian 200 meter. Ketinggian ini adalah ketinggian yang paling aman. Tentu saja selama pendakian para wisatawan akan ditemani oleh petugas KSDA Lampung.

Perkembangan Cagar Alam Krakatau

Selain gunung apinya, krakatau masih memiliki banyak spot yang dijelajahi. Wisata anak gunung krakatau tak lengkap rasanya jika menjelajahi pulau dan lautnya. Sedikit informasi mengenai kepulauan krakatau, sejak tahun 1919 pada pemerintahan Hindia Belanda lokasi ini sudah dijadikan sebagai Cagar Alam. Pada tahun 1984 pengelolaan Cagar Alam di krakatau dijadikan satu dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Akan tetapi setelah 6 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1990, Dirjen Perlindungan Alam dan Konservasi Alam memindahkannya dalam Balai Konservasi Sumber Daya Alam di Lampung. Dan tak lama berselang pada tahun 1991, Cagar Alam Krakatau telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Alam Dunia.

Ragam Wisata Anak Gunung Krakatau

Potensi wisata anak Gunung Krakatau terbilang melimpah. Di sini terdapat beragam koleksi flora seperti spermatophyta 257 jenis, tumbuhan paku 61 jenis, lichenes 13 jenis, dan jamur 206 jenis. Keberagaman jenis flora tersebut sangat melimpah mengingat lokasinya berdekatan. Belum lagi anda bisa menemukan beragam satwa di sekitar kepulauan vulkanik ini seperti kelelawar, ular, kadal, penyu dan banyak lainnya.

Wisata di anak gunung krakatau terdapat beragam jenisnya. Salah satu yang paling populer adalah berwisata di salah satu kepulauan krakatau yaitu pulau Sertung. Pulau ini memiliki pemandangan yang mengesankan. Terdapat spot destinasi dimana para pengunjung bisa melihat lautan secara luas sehingga nampak pulau-pulau anak krakatau yang lain. Tak hanya keindahan pemandangan yang dimiliki, namun juga keindahan bahari juga dimiliki pulau ini. Beberapa kawasan pantai dan laut di sekitar pulau merupakan spot diving dengan keragaman biota laut. Selain diving, anda juga bisa menikmati keindahan laut dengan berenang atau snorkeling.

Selain wisata pantai dan laut, di wisata anak gunung krakatau ini anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau di sini. Dengan pepohonan yang rimbun dan juga terdapat bukit dan gunung sebagai wisata trekking, penjelajahan kepulauan krakatau akan semakin menantang. Tinggal pilih jika ingin menantang, anda bisa mendaki anak gunung krakatau. Akan tetapi anda juga bisa mengunjungi gunung-gunung yang berada di pulau-pulau kawasan pulau krakatau. Nah lebih-lebih jika anda dan teman-teman sekalian camping menikmati suasana malam di kepulauan krakatau. Tapi jangan khawatir homestay dan penginapan sudah ada bagi anda yang ingin bermalam lebih nyaman.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply