Surga di Bawah Tanah Gunung Kidul: Goa Tanding

Goa Tanding yang berada di Gunungkidul mungkin bisa dikatakan gua terindah bila dibandingkan dengan gua lainnya yang berada di sekitarnya. Goa Tanding memiliki lorong sungai bawah tanah yang lebih panjang dan ruangan lebih besar.

Asal usul nama Goa Tanding berawal dari salah satu warga Bejiharjo bernama Harto Tanding yang ingin membuat sumur. Tanah sudah digali, tetapi airnya tidak kunjung keluar. Semakin dalam digali, linggis Mbak Harto menembus rongga yang berada di perut bumi. Hingga, ia menemukan gua ini secara tidak sengaja. Pada awalnya, tidak ada akses keluar dan masuk Goa Tanding. Akses itu hanya melewati sumur Mbak Harto. Nah, lantaran situasi di dalam gua ini bahkan melebihi Goa Pindul, maka diberi nama Goa Tanding, selain diambil juga dari nama Mbah Harto Tanding.

Pengunjung dapat menyusuri sungai bawah tanah menggunakan perahu karet di Goa Tanding. Kedalamannya mencapai 4 meter dengan tinggi 5 hingga 16 meter. Sedangkan, lebarnya sekitar 4 hingga 9 meter sesuai kontur gua. Nah, jarak susurnya mencapai 460 meter dengan durasi penyusuran sekitar 1 hingga 30 menit.

Terdapat barisan stalaktit  yang masih aktif bergelantungan di atap Goa Tanding. Ketika disorot menggunakan lampu senter, kelap-kelip kristal itu tampak indah.  Sekitar 20 meter dari gua, pengunjung harus turun ke bawah dari arah pintu masuk. Nah, di sana, pengunjung baru bisa melihat dari luar keindahan Gua Tanding dan memulai pengarungan Gua Tanding seperti halnya rafting tetapi tidak ada arus di dalam Gua Tanding. 

Ada satu lokasi yang Anda bisa melihat cahaya masuk seperti halnya cahaya dari surga yang masuk dari sebuah lubang yang terbentuk dari galian Mbah Harto Tanding. Spot ini lah yang biasanya buat foto karena unik karena terdapat cahaya yang masuk ditengah-tengah gelap gulitanya gua. Spot lain untuk foto adalah staklaktit raksasa yang terdapat di salah satu spot foto yang meneluarkan butiran cahaya kristal jika di sorot menggunakan cahaya. 

Gua Tanding

Lokasi menuju Gua Tanding dan Harga Tiket

Yang perlu di ketahui adalah Gua Tanding tidak seperti hal nya Gua Pindul yang memiliki puluhan Operator baik yang resmi ataupun tidak resmi. Gua Tanding hanya mempunyai 1 operator resmi yang dikeloka profesional oleh swasta. Tetapi meskipun demikian operator Gua Pindul juga membuka paket susur Gua Tanding tetapi hanya sub agent saja atau menjualkan paketnya saja. Meskipun cukup jauh dari pusat kota, akses jalan menuju Goa Tanding mudah dicari karena dekat dengan Gua Pindul yang sudah sejak lebih dahulu dikenal.  Gua ini beralamat di Dusun Gelaran II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jika Anda dari Kota Anda mengambil jalan menuju arah Kota Wonosari, sebelum Kota atau di Bundaran Wonosari Anda tinggal belok kiri dan mengikuti arah petunjuk menuju Gua Pindul. Sampai Pos Tiket Anda sebaiknya bertanya ke petugas dikarenakan petunjuk lokasiGua Tanding tidak banyak tersedia atau jika lebih mudah Anda bisa mengunakan Google Map. 

Untuk memasuki ojek wisata Goa Tanding, pengunjung dikenakan biaya sebesar retribusi daerah sebesar 10.000,- rupiah per orang. Biaya susur gua sebesar 150.000,- rupiah per orang untuk wisatawan lokal dan 200.000,- rupiah untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan, untuk biaya parkir, tidak dipungut biaya sama sekali. Nah, fasilitasnya pun cukup lengkap, sehingga pengunjung nyaman berada di gua ini. Fasilitas itu, di antaranya helm, kapal karet (untuk maksimal 4 orang), jaket pelampung, asuransi, pemandu wisata, penitipan barang, minum, makan, tempat parkir, kamar mandi, dan mushala. Dan Paling seru Fasilitas di Gua Tanding adalah menikmati semangkok Bakso lezat yang di sponsori salah seorang pemodal pembangunan Gua Tanding yang mempunyai usaha Bakso.

Bila tertarik dan ingin mengunjungi Goa Tanding atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.

Jika Anda menginginkan beberapa paket tour jogja bisa dipilih di tautan sebagai berikut:

  1. Paket Tour Jogja 3H2M Pantai Timang Murah
  2. Paket Tour Jogja 3H2M promo
  3. Paket Tour Jogja 3h2m Super Murah (Rafting Sungai Elo)
  4. Paket Tour Jogja 4h3m Gua Jomblang Diskon
  5. Paket Tour Jogja 4H3M Murah (Pantai Timang dan Wedi Ombo)

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply