Trekking Sentul Curug Leuwi Hejo, Tempat Wisata Hits Sejak Tahun 2015

Sejak tahun 2015, Curug Leuwi Hejo sudah mulai banyak dikenal. Saat ini, trekking Sentul Curug Leuwi Hejo menjadi salah satu pilihan liburan yang paling banyak diburu bagi sebagian orang yang tinggal di ibu kota. Air terjun ini berlokasi di Bogor dan begitu menyita perhatian pecinta alam.

Simak Juga : Trekking Sentul Curug Cibaliung yang Penuh Pesona

Wajar saja, hal ini dikarenakan keindahan alamnya yang memang begitu mempesona. Daya tarik utamanya ialah keindahan alam terbuka yang dipadukan dengan jernihnya air hingga berwarna hijau membuat mata terasa begitu nyaman. Belum lagi di sekeliling curug yang dikelilingi dengan tebing berbatu, sehingga menjadikan lokasi ini sebagai tempat berswafoto yang sempurna. Penasaran dengan air terjun ini? Mari simak beberapa informasinya berikut ini.

1. Lokasi

Curug Leuwi Hejo berlokasi di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Kalian bisa menemukan lokasinya secara akurat melalui Google Maps, baik mengendarai mobil maupun motor. Curug ini tidak sendirian, artinya di sekitarnya juga ada curug lain yang juga menyajikan keindahan alam serupa. Beberapa curug yang ada di sekitarnya ialah Curug Leuwi Ciung, Curug Baliung, Curug Leuwi Liek, dan masih ada beberapa lagi yang lainnya. Masing-masing curug tidak berjauhan, kira-kira hanya memerlukan waktu sekitar 5-15 dengan trekking ringan. Keindahan alam ini bisa dinikmati oleh pengunjung hampir setiap hari. Jam operasionalnya dimulai pukul 08.00-17.00 WIB.

2. Aktivitas Pengunjung

Perlu diketahui bahwa lokasi ke Curug Leuwi Hejo tidak bisa langsung dijangkau. Maksudnya, pengunjung memerlukan haiking menyusuri jalur trekking dari parkiran hingga ke curug. Trekking Sentul Curug Leuwi Hejo memerlukan waktu sekitar 20-30 menit dengan jalur yang di dominasi jalan setapak, bebatuan, dan beberapa anak tangga. Namun, jalur trekking terbilang cukup aman, bahkan jika dilakukan oleh anak kecil sekalipun. Sepanjang perjalanan, pemandangan yang disuguhkan sangat segar dipandang mata. Setelah sampai di Curug Leuwi Hejo, pengunjung tidak akan menyia-nyiakan sensasi bermain air, berenang, lompat dari tebing, berswafoto, hingga menyelam. Tingkat kedalaman di sungai ini bervariasi, yakni mulai dari 2-10 meter. Oleh karena itu, pastikan kalian memilih kedalaman yang tepat agar tetap aman ketika berbasah-basahan, meskipun arusnya terbilang tenang. Dengan segala keindahan yang disuguhkan, tidak heran jika curug ini mendapat julukan Green Canyon Bogor.

3. Fasilitas

Di Curug Leuwi Hejo, fasilitasnya terbilang lebih lengkap dibanding curug lain di sekitarnya. Kita bisa menjumpai pos pemantau yang ada di dekat curug dan beberapa tempat penyewaan pelampung. Pengunjung juga dimudahkan saat trekking karena tersedia tali tambang sebagai pegangan. Selain itu, toilet dan kamar ganti juga terbilang memadai. Fasilitas lain yang dapat dijumpai ialah adanya warung-warung sederhana yang menyediakan menu untuk mengisi ulang tenaga yang telah digunakan saat trekking maupun bermain air.

Pengunjung tidak perlu jauh-jauh berjalan kaki untuk menjangkau warung-warung tersebut. Namun, untuk penginapan yang berada di dekat Curug Leuwi Hejo belum ada. Jika pengunjung ingin menginap, penginapan di kawasan Sentul yang banyak terdapat hotel, vila, maupun homestay dengan harga bervariasi mulai dari 200.000-1.500.000 per malam.

Jika kalian merupakan orang sibuk dengan banyak aktivitas dan ingin liburan yang lebih simple, salah satu solusinya ialah dengan memesan jasa biro wisata yang menyediakan trekking Sentul Curug Leuwi Hejo. Selain lebih simple, harga yang ditawarkan sudah termasuk beberapa fasilitas yang tidak disediakan oleh pihak pengelola lokasi wisata. Biasanya, harga bisa diperoleh sekitar 125.000/pack dengan minimal pembelian 2 paket. Follow ya instagram kami di @campatour

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

March 1, 2022
[…] Simak Juga : Trekking Sentul Curug Leuwi Hejo, Tempat Wisata Hits Sejak Tahun 2015 […]

Leave a Reply