5 Leuwi dan Curug yang Ada di Sekitar Luewi Hejo

Di daerah Bogor, banyak sekali keindahan alam yang dimiliki. Kota Bogor seringkali menjadi tempat masyarat untuk menghilangkan penat selama seminggu bekerja. Dengan menghabiskan waktu bersama  keluarga, pasangan maupun sahabat tentu saja akan sangat menyenangkan. Kota Bogor memiliki aura yang sangat romantis. Dengan keromantisannya, wisatawan akhirnya terus kembali ke kota hujan ini. Di kota ini, banyak sekali destinasi wisata yang di tawarkan. Wisata tersebut berbentuk wisata alam, taman hiburan, kebun binatang, kuliner, dan masih banyak lagi.

Kali ini kami akan menampilkan luewi dan curug yang ada di sekitar Luewi Hejo.

Baca juga: Leuwi Hujo, “Green Canyon” Kota Bogor

 

1. Curug Cakrawardana

Wisata alam yang terkenal di Kota Bogor adalah curug. Salah satunya adalah Curug Cakrawardana. Curug ini memiliki keindahan alam yang belum terekspose dan terkenal di media sosial.

Pict by: @wandy_day

Meskipun belum terlalu terekspose, curug ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut adalah lahan parkir yang luas, kamar ganti dan bilas, gazebo, penginapan, rumah makan.

Untuk bisa menikmati Curug Cakrawardana ini, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 saat weekday dan Rp 15.000 untuk weekend. Selain tiket masuk, wisatawan juga perlu membayar parkir, tarif parkir untuk roda dua adalah Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk roda empat.

 

2. Curug Leuwi Lieuk

Salah satu objek yang mulai terkenal ini sudah banyak didatangi wisatawan. Air terjun yang sering disandingkan dengan Green Canyon di Pangandaran ini sudah banyak dilirik karena keindahannya. Meskipun harus dengan perjuangan, dengan melewati gunung dan lembah, tempat ini masih mengundang wisatawan yang menyukai tantangan terus berdatangan. Di musim hujan, perlanan menuju curug ini menjadi basah dan berlumpur. Tetapi perjungan tadi akan langsung terbayar ketika sudah sampai ke Curug Leuwi Lieuk ini.

Baca juga: Tracking Gua Garunggung dan Leuwi Hejo

Pict by: portraitnusantara.com

Air dari Curug Leuwi Lieuk ini memiliki warna yang hijau kebiruan. Kedalaman yang dimiliki curuk ini sampai 4 meter. Jadi wisatawan dapat cliff jumping atau berenang bebas di sini.

Curug ini dibuka setiap hari dari jam 09.00 sampai 17.00 WIB. Disarankan kepada wisatawan untuk berkunjung ke curug ini pada bulan April sampai Oktober pada saat musim kemarau. Tiket masuk tempat wisata ini yaitu Rp 10.000. Curug Leuwi Lieuk dilengkapi dengan fasilitas standar seperti tempat parkir, toilet dan ruang bilas, serta mushola. Terdapat banyak warung dan kios yang menjajakan makanan di sini. Jika membawa bekal, jangan sampai meninggalkan sampah agar kebersihan lokasi wisata ini tetap terjaga.

 

3. Luewi Cepet

Untuk menuju Leuwi Cepet ini diperlukan tenaga yang besar dan badan yang fit. Dengan jalannya yang berupa tanah liat yang licin dan jalan yang menanjak tentunya menjadi tantangan tersendiri. Leuwi ini memiliki arus yang cepat, bebatuan yang besar serta air yang jernih akan wisatawan rasakan ketika berkunjung ke sini. Kedalaman dari Leuwi Cepet ini berkisar dari pinggang orang dewasa sampai 2 meter. Cukup menantang bukan?

Pict by: tripadvisor.co.id

Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk dan Curug Barong adalah curug yang berdekatan. Untuk menikmati ketiga tempat tersebut anda harus membayar Rp 25.000 di pintu gerbang utama dan membayar Rp 5000 per orang saat menuju Luwie Lieuk dan Luwie Cepet.

 

4. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung atau Air Terjun Cibaliung ini merupakan salah satu curug yang terdalam di area Bogor. Dengan tempatnya yang sepi dan masih bersih, membuat wisatawan puas ketika bermain air dengan leluasa. Untuk wisatawan yang penat dengan berisiknya kota, Curug Cibaliung ini sangat cocok.

 

Pict by: https://explorewisata.com/

Untuk wisatawan yang ingin mengunjungi Curug Cibaliung ini sebaiknya tidak pada saat musim hujan. Ditakutkan akan terjadi banjir dan jalan yang licin ketika musim hujan.

Baca juga: https://campatour.com/tours/camping-dan-tracking-gua-garunggung-dan-sungai-ciherang/

 

5. Curug Leuwi Ciung

Memiliki keindahan alami dan udara yang sejuk serta tumbuhan hijau yang mengelilinginya, membuat tempat ini patut untuk didatangi. Beningnya air dan berwarna hijau kebiruan membuat siapapun yang datang ke tempat ini tidak sabar untuk bermain air di sini. Di sini sangat oke sekali untuk menenangkan pikiran.

Pict by: https://explorewisata.com

Fasilitas di Curug Leuwi Ciung ini masih minim, tetapi terus dikembangkan oleh masyarakat.

Curug ini berada di tengah-tengah pedesaan dengan rimbunan hijau dan rumah masyarakat yang menutupinya. Sehingga belum banyak yang tau keberadaan Curug ini.

Baca juga: https://campatour.com/tours/paket-tour-trakking-sentul-dan-lewi-hijo/

 

Buat kalian yang ingin berwisata ke Curug Luewi Hejo atau ke curug lainnya, segera pesan tours reguler Jogja di campatour.com, ya….

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply