Indahnya Sungai Biru, Blue Lagoon

Suka bermain air? Suka dengan air yang jernih dan biru?

Di Yogyakarta, tepatnya di daerah Sleman, terdapat pemandian alam terbuka. Dengan airnya yang bersih dan jernih membuat pengunjung yang datang tidak sabar untuk mesuk ke airnya yang dingin. Airnya yang berwarna biru, menghipnotis siapapun yang datang akan ingin kembali. Blue Lagoon merupakan salah satu tempat wisata yang digemari wisatawan. Destinasi ini tentunya tidak kalah menariknya dari Blue Lagoon di Islandia.

Destinasi wisata Blue Lagoon ini merupakan tempat wisata yang mulai terkenal tahun 2014. Destinasi wisata ini di populerkan setelah kedatangan mahasiswa UGM yang sedang KKN ketempat ini. Pada 22 Maret 2015 akhirnya diresmikan oleh Bupati Sleman yang tepat pada hari peringatan air sedunia.

Blue Lagoon sendiri merupakan sungai alami yang memiliki warna alami biru dan dikelilingi oleh rumpun bambu yang lebat dan asri. Nama Blue Lagoon ini sebenarnya hanya nama yang populer agar masyarakat tertarik mengunjungi destinasi ini. Nama sebenarnya adalah Tirta Budi. Cerita masyarakat di sana, nama “Budi” diambil dari seseorang yang meninggal di sini yang terkena penyaki ayan yang dideritanya.

Pict by: kaliurang.indonesia-tourism.com

Saat musim hujan, wisatawan memang tak bisa menikmati birunya air kolam. Namun bukan berarti lantas tak ada yang bisa dilakukan. Wisatawan bisa meminjam pelampung dan menyewa ban di pengelola. Dengan ban dan pelampung, wisatawan bisa berseluncur di bendungan batu yang ada di sekitar kolam. Tentu saja, saat musim hujan, air kolam akan melimpah. Oleh karena itu wisatwan harus ekstra hati-hati.

Puas berenang dan berendam, wisatawan yang datang bisa menjajal sensasi pijat dengan medium air yang keluar dari pancuran. Lokasi pancuran yang biasa digunakan wisatawan untuk terapi pijat adalah pancuran yang paling tinggi, yang berada di sebelah Sendang Lanang.

Puas berenang, berendam, dan bermain air, tak lengkap jika wisatawan tak mencicipi sajian kuliner yang dijual di sekitar area objek wisata. Beragam kuliner ndeso seperti jajan pasar dan sega wiwit, hingga nasi kucing bisa jadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu.

Fasilitas

Destinasi wisata ini sudah memiliki fasilitas yang dibilang cukup lengkap karena sudah di resmikan oleh pemerintah.

  • Gazebo
  • Mushola
  • Tempat penitipan barang
  • Toilet
  • Area parkir
  • Home stay yang berada di dekat area destinasi
  • Tempat makan

Lokasi

Lokasi Blue Lagoon ini berada di Dusun Dalem, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi destinasi ini sangat mudah ditemukan walaupun berada di dalam hutan.

 

Rute

Dari pusat kota Yogyakarta, ambil arah Kaliurang. Setelah menempuh beberapa kilometer kemudian ambil ke Jl. Besi Raya. Dari pertigaan Jl. Besi Raya, lalu menyusuri Jl. Besi Jangkang. Ikuti jalan ini sampai kurang lebih 3.5 km. Kemudian terdapat pertigaan Jl. Besi Raya – Jl. Cangkringan. Di pertigaan ini belok kearah kanan sekitar 200 meter. Setelah itu akan bertemu pertigaan lagi lalu belok ke kiri. Setelah 100 meter terdapat pertigaan, belok lagi ke kiri sedikit. Dan sampailah..

Harga tiket dan jam buka

Untuk bisa merasakan kesegaran dari Blue Lagoon Jogja ini, wisatawan cukup membayar Rp 10.000,- dan parkir Rp 2.000. Destinasi ini buka setiap hari, dari jam 08.00 sampai 17.00.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply