7 Curug di Sentul Bogor yang Wajib Dikunjungi
curug di sentul bogor

Ada banyak curug di Sentul Bogor yang memiliki pemandangan indah nan menyejukkan. Karena hal tersebut, tidak heran bila banyak orang bogor suka dengan air terjun. Bahkan pelancong luar daerah pun juga datang ke Bogor hanya untuk datang ke beberapa curug bagus berikut.

Destinasi Wisata Curug di Sentul Bogor

Bogor memiliki banyak sekali curug yang wajib dikunjungi. Keindahan air terjun khas sunda membuat para pelancong ingin terus kembali. Memang pesona curug bogor seperti tidak ada tandingannya. Berikut beberapa daftar curug bogor yang harus Anda kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

1. Curug Bidadari

Warga sentul memiliki curug favorit yaitu curug bidadari. Nama indahnya mencerminkan pemandangannya yang betulan demikian. Akses menuju curug bidadari pun mudah, selepas keluar dari tol sentul, pengunjung harus langsung menuju ke desa Bojongkoneng.

Simak Juga : 9 Cafe Di Sentul Dengan View Bagus Dan Murah

Setelah berada di area Bojong Koneng maka akan ada petunjuk jalan menuju Curug Bidadari. Jika sudah sampai di tujuan, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 – Rp 30.000. Besaran biaya tersebut sudah termasuk berbagai fasilitas seperti gubuk dan area kolam renang.

2. Curug Barong

Curug Barong terletak di daerah Babakan Madang dan memiliki sumber air dari Sungai Cirangrang. Air terjun Barong termasuk salah satu wisata yang tergolong masih alami di bogor. Sehingga kesegaran air dan suasananya sangat terjamin serta memuaskam pengunjung.

Tarif masuk Curug Barong relatif terjangkau, sekitar Rp 15.000 – Rp 25.000. Biaya sudah termasuk parkir dan menikmati fasilitas yang ada. Penjaga curug sangat menganjurkan wisatawan untuk tidak datang pada musim hujan. Karena aliran air yang cukup deras dan hawa lembab dapat meningkatkan resiko kecelakaan.

3. Curug Leuwi Hejo

Sebagaimana namanya, air pada curug ini berwarna biru kehijauan. Persis sekali dengan visual air murni di film, tentu akan sangat menyegarkan badan pengunjung yang berenang. Untuk menikmati jernihnya air terjun, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 – Rp 25.000.

Curug Leuwi Hejo berlokasi di Cibadak, Sukamakmur, Bogor. Pengunjung bisa mengaksesnya dengan mudah dari pusat kota Bogor atau area puncak.  Perlu diketahui bahwa Curug Leuwi Hejo tidak memiliki fasilitas tambahan apapun. Hanya tersedia penitipan helm, parkir, dan kamar bilas atau kamar mandi.

4. Curug Hordeng

Curug di Sentul Bogor ini terkenal dengan model air terjun yang menyerupai tirai jendela. Artinya pengunjung dapat masuk ke celah air terjun dan merasakan ketenangan. Hawa airnya juga segar dipadukan dengan panorama indah membuat banyak orang pergi untuk menikmatinya.

Akses menuju Curug Hordeng busa berawal dari sentul kemudian masuk ke arah Gunung Pancar. Kemudian lanjut ke desa Cibeureum dan pengunjung hanya perlu mengikuti jalan ke atas. Kelak akan menemukan gerbang atau pos yang menandakan Curug Hordeng.

5. Curug Leuwi Cepet

Curug Leuwi Cepet berada pada satu jalur mata air dengan Curug Leuwi Hejo. Berlokasi di babakan madang, pengunjung jadi bisa mengunjungi beberapa air terjun sekaligus. Namun tetap Curug Leuwi Cepet memiliki pesona paling beda sendiri hingga mudah memikat hati pengunjung.

Curug Leuwi Cepet memiliki bagian bagian tebing tinggi. Pengunjung dan warga lokal biasa menggunakan tebing tersebut sebagai batu loncatan ke area kolam yang lebih dalam. Kedalaman curugnya sendiri sekitar 2 meter, jadi jika Anda termasuk orang yang takut kedalaman, maka hindari berenang.

6. Curug Leuwi Cibaliung

Khusus kaum perantau di bogor tidak ada salahnya bila berkunjung ke Curug Leuwi Cibaliung. Berada di area Karang Tengah, air terjun ini juga memiliki tebing-tebing tinggi. Pengunjung bisa menjadikannya sebagai banyu loncatan. Namun harus hati-hati karena pinggirannya tajam dan bisa menimbulkan bahaya.

Simak Juga : JungleLand Sentul, Taman Bermain dengan Fasilitas Lengkap

Pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar kurang dari Rp 40.000 agar dapat menikmati indahnya Curug Leuwi Cibaliung. Besaran dana tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan birunya laut dan coklat tebing yang indah. Biasanya pemandangan ini tidak dapat ditemukan pada air terjun manapun.

7. Curug Kalimata

Curug Kalimata terkenal sebagai air terjun paling tinggi di kota Bogor. Maka dari itu banyak warga luar Bogor yang harus melihat curug indah ini. Tentu kawasannya sangat ramai, tidak kalah dengan wisata air terjun lainnya. Walaupun demikian, tetap tidak mengurasi rasa antusias para pengunjung.

Satu hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengunjungi air terjun ini adalah medan perjalanan yang lumayan melelahkan. Karena para pengunjung harus berjalan sekitar 10-20 menit dari Curug Leuwi Asih. Curug Kalimata memang tidak memiliki akses kendaraan, bahkan untuk motor sekalipun.

Demikian rekomendasi curug di Sentul Bogor yang bisa dikunjungi. Kami dari campatour.com menyarankan pengunjung untuk datang pada hari kerja. Hal tersebut agar terhindar dari keramaian penuh sehingga dapat menikmati suasana air terjun dengan tenang.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply